Mengenal Perbankan Ritel dan Jenis-jenis Layanannya

ilustrasi gambar oleh iStockphoto (edited by teknodigiku)


Mengenal Perbankan Ritel dan Jenis-jenis Layanannya


Retail banking atau perbankan retail adalah jenis bank yang menyediakan layanan finansial pada pihak konsumen secara langsung. Dan ini berbeda dengan institusi keuangan lainnya, yang mana dalam konteks ini, nasabah merupakan individu atau badan usaha skala kecil.


Dalam pengertian lain, retail banking bisa disebut juga sebagai personal banking oleh sebab pelayanannya yang bersifat one on one dengan konsumen. Tentu saja karena salah satu jasa dan layanannya adalah mendapatkan perizinan pengelolaan uang klien secara individu.


Dan contoh para konsumen dari retail banking ini diantaranya adalah pialang saham dan perbankan swasta. Ya karena fasilitas yang ditawarkan pada klien juga akan disesuaikan dengan tingkat pendapatan dan riwayat transaksi secara individu dengan bank. 


Perbankan ritel merupakan satu dari macam-macam lembaga keuangan yang memiliki koneksi erat dengan teknologi. Soalnya lembaga ini ikut berpartisipasi dalam mempopulerkan fasilitas ATM sampai dengan mobile banking.


Sementara untuk fungsi dan tujuannya sendiri adalah untuk melayani kebutuhan individu ataupun perusahaan skala kecil secara eksklusif. Selain itu hadirnya lembaga keuangan ini juga secara tidak langsung mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Itu karena dengan bantuan mereka, jadi semakin banyak bidang usaha yang bisa terbentuk.


Sedangkan untuk jasa dan layanannya, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Rekening Deposito


Rekening deposito adalah salah satu jasa dan layanan yang ada di perbankan ritel. Selain itu ada juga rekening giro, rekening tabungan, dan sertifikat deposito (CD). Nantinya para pelanggan bisa menyetor dan menarik uang mereka. Tak cuma itu. Mereka juga nantinya akan mendapatkan bunga atas dana yang telah disimpan di rekening tersebut.


2. Layanan Pinjaman


Bank ritel juga menawarkan berbagai jenis pinjaman. Seperti misalnya pinjaman pribadi, hipotek rumah, pinjaman mobil, dan pinjaman usaha kecil. Nantinya para nasabah bisa meminjam uang dari bank dan melunasinya dalam jangka waktu tertentu. Tapi pinjaman ini biasanya ada bunganya, yang besarnya ditentukan oleh jumlah nominal pinjaman tersebut..


3. Kartu Kredit


Bank ritel juga bisa mengeluarkan kartu kredit untuk para customernya. Dan kartu kredit ini salah satu fungsinya adalah bisa melakukan pembelian dengan secara kredit. Selain itu kartu kredit juga bisa digunakan untuk meminjam uang hingga batas tertentu. Sedangkan cara untuk melunasinya bisa dengan cara membayarnya secara langsung, atau dicicil per bulan.


4. Layanan Pembayaran


Layanan pembayaran juga termasuk jasa dan layanan yang ada di perbankan ritel. Layanan ini termasuk diantaranya untuk transfer dana elektronik, transfer kawat, mengeluarkan draf bank, dan memfasilitasi pembayaran tagihan otomatis. Dengan adanya layanan ini, memungkinkan para pelanggan untuk bisa melakukan transaksi dan mentransfer dana dengan mudah.


5. Layanan Valuta Asing


Tak ketinggalan layanan penukaran mata uang asing juga tersedia di sini. Terutama sekali buat untuk mereka yang sering terlibat dalam transaksi internasional. Nantinya pihak bank akan memfasilitasi konversi satu mata uang ke mata uang lain dengan nilai tukar yang berlaku.


6. Produk Investasi


Bank ritel juga menyediakan layanan dan produk investasi. Seperti misalnya reksa dana, rekening pensiun individu (IRA), dan rekening perantara. Dengan adanya layanan ini, memungkinkan para pelanggan untuk berinvestasi dalam saham, obligasi, dan produk sekuritas lainnya.


7. Layanan Perencanaan dan Penasihat Keuangan


Tak hanya menawarkan jasa dan layanan yang berbentuk produk keuangan saja. Namun di perbankan ritel juga bisa mendapatkan layanan perencanaan dan penasehat keuangan. Tujuannya adalah untuk membantu para pelanggan agar bisa mengelola keuangan mereka, merencanakan pensiun, atau mencapai tujuan keuangan tertentu.


8. Produk Asuransi


Dan yang terakhir jasa dan layanana yang disediakan oleh bank ritel adalah produk asuransi. Seperti misalnya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi properti. Nantinya para pelanggan bisa membeli polis asuransi melalui bank.


Itulah macam-macam jasa dan layanan daro perbankan ritel. Pastinya setelah membaca informasi ini, anda kemudian jadi faham dan mengerti. Oh ya ada tambahan informasi kalau bank ritel ini biasanya beroperasi melalui cabang fisik, platform perbankan online, dan aplikasi seluler untuk menyediakan akses mudah ke layanan mereka.


Intinya bank ritel ini hadir dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan perbankan sehari-hari. Baik untuk perorangan, keluarga, dan usaha kecil, dengan fokus pada hubungan perbankan pribadi dan kepuasan bagi para pelanggan.


Oke demikian informasi yang bisa tim TeknoDigiku himpun pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf jika sekiranya ada kesalahan dan atau kekeliruan pada postingan yang kami tulis ini.

No comments for "Mengenal Perbankan Ritel dan Jenis-jenis Layanannya"