Cara Memulai Bisnis Startup Bagi Pemula

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Cara Memulai Bisnis Startup Bagi Pemula


Untuk memulai sebuah bisnis, ada kalanya kita perlu memiliki sebuah ide yang cemerlang. Terlebih kalau kita mau menekuni bisnis startup yang berbasis dunia teknologi dan digital. Dan salah satu buah ide dari startup di bidang ini adalah kebutuhan jaringan internet yang kuat, buat sebagai pemantik para investor dan pelanggan.


Tentu tak cuma itu. Karena anda juga harus memiliki alamat email pribadi dan situs web yang bisa diakses melalui internet, buat menunjang kelancaran bisnis anda tersebut. Selain itu anda juga harus memiliki beberapa akun media sosial buat sebagai ajang promosi nantinya.


Sedang untuk persyaratan tambahan lainnya, itu tergantung pada jenis bisnis yang ingin anda mulai. Contohnya jika anda ingin membuka usaha toko ritel digital atau restoran online, maka anda harus mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan dunia tersebut.


Kata digital sendiri mengacu pada data atau informasi dalam bentuk elektronik atau digital. Dengan demikian, bisnis startup digital ini nantinya akan melibatkan penggunaan teknologi dalam memproduksi atau menjual barang dan jasanya.


Dan memang pada saat ini, untuk memulai sebuah bisnis sangat membutuhkan penggunaan teknologi digital buat bisa bersaing di pasar global. Karena jika tidak, maka bisnis akan gagal menarik investor, karyawan, dan pelanggan atau masyarakat mungkin akan merasa jenuh.


Bisnis Startup adalah Tren Baru di Era Modern


Bisnis startup memang akan melibatkan penggunaan teknologi digital untuk membuat, menjual, dan membeli barang dan jasanya. Karena bisnis semacam ini mesti mempunyai teknologi yang tinggi demi untuk menargetkan pasar global melalui saluran digital.


Dan dengan cara itu, akan memungkinkan para peminat untuk memulai perusahaan dengan investasi yang minimal. Walau demikian tetap dibutuhkan perencanaan dan komitmen yang matang untuk memulai bisnis jenis ini.


Seperti misalnya sebelum anda memulainya, anda harus melakukan riset dulu tentang industri dan kebutuhan target pasarnya. Selain itu anda juga harus melakukan riset pasar tentang partikelng anda di dalam industri ini.


Kenapa ini penting? Karena nantinya anda bisa membangun rencana pemasaran yang kuat untuk bisnis startup anda tersebut.


Setelah melakukan riset, selanjutnya anda dapat mulai mengerjakan keterampilan pengkodean atau pemrograman yang terkait dengan ide model bisnis anda itu. Ini juga penting, karena ini buat tahap pengembangan dan juga untuk rencana bisnis startup anda ke depannya.


Sedangkan waktu terbaik untuk melatih keterampilan ini adalah di waktu senggang anda. Kenapa demikian? Karena nantinya anda tidak akan kehilangan nilai apa pun, saat menjalankan bisnis startup anda tersebut.


Tapi satu beban biaya yang harus diperhitungkan oleh semua pengusaha di bidang ini adalah biaya konektivitas internet. Seperti misalnya untuk situs web yang anda buat sebelumnya, harus bisa terhubung dengan Google dan mesin pencari internet lainnya. Soalnya dengan begitu calon pelanggan dapat menemukan situs bisnis anda dengan secara online dan mudah.


Anda juga harus memastikan bahwa situs web tersebut bisa terhubung dengan Facebook, Twitter, Instagram dan beberapa platform media sosial lainnya. Soalnya ini buat membantu calon pelanggan anda untuk dapat menyebarkan informasi tentang bisnis tersebut, langsung ke teman-teman dan atau anggota keluarganya.


Bahkan kalau bisa situs web anda itu, juga terhubung ke saluran YouTube, jika memang anda membuat channelnya di sana. Karena dewasa ini, orang-orang lebih cenderung tertarik untuk melihat sebuah informasi dalam bentuk video atau gambar visual yang bergerak.


Sampai di sini sudah faham? Atau masih merasa belum yakin dan pede dengan rencana bisnis startup yang ingin anda kembangkan?


Jika memang masih merasa bimbang dan ragu walau padahal anda sudah mempersiapkannya dengan matang, sebaiknya anda mencoba ikut bergabung dengan Startup Studio Indonesia. Lho memangnya itu tempat apa? Dan kita mau ngapain di sana?


Belajar Bersama Startup Studio Indonesia


ilustrasi gambar oleh istockphoto.com (edited by teknodigiku)


Startup Studio Indonesia adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Kemeninfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dengan tujuan untuk memfasilitasi para pelaku bisnis startup digital.


Dalam program ini nantinya kita akan belajar dan sekaligus mendapatkan banyak informasi tentang persoalan yang berhubungan dengan bisnis startup. Seperti misalnya tentang sumber daya yang berkualitas, pengembangan bisnis ini ke depannya, dan lain-lain.


Jadi intinya Startup Studio Indonesia ini adalah program dari pemerintah yang sangat positif buat diikuti. Terutama bagi anda yang sedang atau akan menekuni bisnis startup.


Pastinya dengan bergabungnya kita di sana, maka kita telah menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya. Setelah itu harapannya ini bisa diakses oleh para pelaku bisnis startup dalam berinovasi untuk kemudian mendorong transformasi digital Indonesia. Dan ini memang sesuai misinya dari program tersebut.


ilustrasi gambar oleh startupstudio.id


Jadi tunggu apalagi! Jika seumpama anda pelaku bisnis startup, baik yang tengah merintis atau sedang akan merencanakan, segera bergabung di Startup Studio Indonesia. Soalnya kita akan mendapatkan banyak manfaat di sana. Selain itu tentunya kita juga nantinya akan mendapatkan banyak teman atau relasi, buat sharing ilmu dan informasi tentang bisnis yang kita jalankan..


Memulai bisnis startup digital memang sebuah usaha yang menantang. Namun akan bermanfaat dan menuai hasilnya, jika kita melakukannya dengan benar dan sesuai dengan petunjuk yang telah kami tulis di atas.


Apalagi kalau semuanya dilakukan dengan memakai teknologi baru yang kekinian, dengan tanpa memiliki aset fisik atau investasi keuangan dari luar. Pasti hasilnya akan lebih menjanjikan lagi. Karena siapa pun yang memiliki ide bagus dalam bisnis ini, maka kesuksesan itu seakan tinggal menunggu saja.


Oke demikian informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya serta mohon maaf apabila ada kesalahan dan atau kekeliruan yang kami tulis pada postingan di atas.

2 comments for "Cara Memulai Bisnis Startup Bagi Pemula"

  1. bisnis start up memang lagi naik daun ya dan semua itu tentu aja perlu dukungan dari internet yang memadai

    gara-gara drakor start up juga,, kayaknya kerja di perusahaan start up menarik dan ngebayangin kalau punya usaha sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak, lagi booming sekarang.. makanya apa salahnya kita buat mencoba? ya siapa tahu aja, perusahaannya bakal berkembang dan besar seperti yg lain.. hehe

      *bermimpi dulu boleh kan..wkwk

      Delete

Post a Comment