Inilah Kelebihan dan Kekurangannya Iklan Jenis OOH (Out Of Home)

ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by teknodigiku)


Inilah Kelebihan dan Kekurangannya Iklan Jenis OOH (Out Of Home)


Salah satu keberhasilan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah kita berani promosi dimana saja. Karena hanya dengan cara itu, orang-orang bisa mengenal produk dari bisnis kita. Terlebih bisnis yang anda rintis itu, masih terbilang baru.


Nah terkait cara mempromosikannya bagaimana dan seperti apa, itu tergantung kemampuan anda. Tapi memang kalau bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin. Bahkan kalau perlu dengan cara yang berbayar sekalipun.


Ya berbayar di sini maksudnya kita pasang iklan di beberapa tempat, dengan menggunakan jasa media periklanan. Dan salah satu iklan yang bisa menjangkau semua orang untuk bisnis anda adalah iklan out of home atau disingkat OOH.



OOH sendiri merupakan jenis iklan yang bisa ditampilkan di luar ruangan. Seperti misalnya dengan billboard, papan reklame, videotron, atau media lainnya. Dan jenis iklan ini biasanya ditempatkan di lokasi publik yang strategis.


salah satu contoh iklan jenis OOH yang berada di area ruang terbuka (sumber: pixabay)


Sepintas memang terlihat ideal jenis iklan seperti ini. Walau begitu jenis iklan ini juga tetap mempunyai kekurangannya. Tapi ya kelebihannya juga pasti ada..


Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan iklan OOH ini? Berikut ini adalah penjelasannya:



Kelebihan:


1. Bisa Terlihat dan Mudah Diingat


Iklan OOH seringkali bentuk dan ukurannya besar. Atau bahkan kadang mencolok. So makanya mudah dilihat oleh banyak orang. Dan karena itu, ini bisa membuatnya jadi mudah diingat oleh para audiens yang potensial.



2. Mencapai Audiens Luas


Bisa mencapai audiens yang sangat luas. Itu karena iklan OOH seringnya ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis. Seperti misalnya di jalan raya, pusat perbelanjaan, atau stasiun kereta.



3.Tidak Terpengaruh Ad Blocker


Tidak akan terpengaruh oleh Ad Blocker atau pemblokir iklan. Jelas saja karena Iklan OOH bukanlah iklan yang berbentuk media digital atau iklan yang berbasis memakai jaringan internet. Oleh sebab itu, ia bisa mencapai audiens dengan tanpa hambatan teknologi.


Kelemahan:


1. Biaya Mahal


Biaya untuk memasang iklan OOH cukup mahal. Apalagi kalau dipasang di lokasi-lokasi premium. Dan ini jadi tidak bisa menjangkau bagi kalangan pebisnis kecil.



2. Terbatas Dalam Penggunaan Kalimat dan Pesannya


Terbatas dalam pengunaan kalimat dan pesannya. Karena jenis iklan ini, terbatas dalam ruang dan waktu untuk menyampaikan informasi yang sangat detail di dalam iklan tersebut.



3. Tidak Interaktif


Tidak interaktif. Ya karena jenis iklan ini, bersifat pasif dan tidak dapat memberikan interaksi langsung kepada para audiensnya. Dan ini berbeda sekali dengan iklan digital atau iklan dengan media lainnya, yang bisa langsung interaktif dengan orang-orang yang melihatnya.


Itulah kelebihan dan kekurangannya jenis iklan OOH. Intinya ada plus minusnya menggunakan jenis iklan ini. Tapi memang pilihan menggunakan iklan OOH itu tergantung dari tujuan dari bisnis dan target audiens anda.


Saran kami sih, mending kombinasikan iklan OOH dengan strategi iklan lainnya. Tujuannya adalah agar menjadi solusi yang efektif untuk mencapai target pemasaran dari bisnis nda.


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan hari ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf jika sekiranya terdapat kesalahan dan atau kekeliruan, dalam postingan yang kami buat ini.


Keterangan: Sumber asli artikel berasal dari sini, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

1 comment for "Inilah Kelebihan dan Kekurangannya Iklan Jenis OOH (Out Of Home)"

Post a Comment