Inilah 6 Alasan Kenapa Orang Masih Eksis Untuk Ngeblog

ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by teknodigiku)


Inilah 6 Alasan Kenapa Orang Masih Eksis Untuk Ngeblog


Sampai dengan saat ini, ngeblog masih menjadi aktivitas yang dilakukan oleh sebagian orang. Termasuk penulis pribadi. Memang apa seru dan asyiknya sih ngeblog itu? Atau setidaknya adakah alasan tertentu, yang membuat mereka mau melakukannya?


Oh tentu saja ada. Dan alasan itulah yang membuat saya dan mungkin juga orang lain, masih tetap eksis dan terus bertahan sampai dengan sekarang.

 
 
Lalu kira-kira alasannya apa saja ya? Berkaca dari pengalaman pribadi, setidaknya ada 6 alasan kenapa sebagian orang masih tetap setia dan istiqomah dalam menekuni dunia ini: Dan inilah keenam alasan tersebut:
 
 
1. Untuk mengisi waktu luang
 
 
Alasan yang pertama adalah buat sekedar mengisi waktu luang. Tentu saja karena ngeblog itu sejatinya nggak butuh waktu khusus. Pun aktivitas ini bisa dilakukan dengan santai, tanpa harus mengganggu aktivitas kita lainnya.
 
 
Eh tapi jangan salah lho! Walaupun bahasanya cuma sekedar buat ngisi waktu luang, namun mereka tetap serius lho dalam mengerjakannya. Terutama sekali saat mau membuat sebuah artikel. Tentu saja karena artikel yang dibuat, nggak asal dibikin saja. Sebab terkadang butuh ide-ide brilian nan cemerlang, agar nantinya bagus hasilnya.


2. Menuangkan ide-ide kreatif yang terpendam
 
 
Kemudian alasan yang kedua kenapa ada orang masih eksis ngeblog adalah karena dengan ngeblog, bisa menuangkan ide-ide kreatif yang terpendam dari dalam dirinya. Dan ide-ide kreatif ini nantinya bisa dieksekusi melalui tulisan-tulisan yang dibuat dan lalu dijadikan sebuah artikel di blognya.
 

Contoh misalnya ide-ide kreatif ini diantaranya adalah tentang tips-tips atau informasi yang bisa berguna bagi orang banyak. Tentu saja untuk tema yang dibahasnya, berhubungan dengan hal-hal yang kita suka. Atau setidaknya hal-hal yang kita ketahui secara garis besarnya.


3. Menyebarkan informasi yang bermanfaat


Alasan berikutnya yang membuat orang-orang masih tetap setia menekuni dunia ini adalah karena bisa menyebarkan informasi yang sangat bermanfaat buat orang banyak. Itu karena lewat tulisan-tulisan yang dibuat di blognya, kelak bakal dibaca oleh orang-orang.


So dengan begitu, secara nggak langsung mereka seperti telah ikut membagikan ilmu atau pengetahuan yang baru, kepada khalayak ramai. Apalagi kalau kebetulan informasi tersebut belum banyak diketahui oleh orang-orang.


4. Tempat untuk berbagi cerita dan pengalaman


Ngeblog juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berbagi cerita dan pengalaman hidup, yang dituang melalui sebuah tulisan. Itu karena tulisan di blog, temanya bisa saja. Termasuk uneg-uneg atau cerita yang pernah terjadi dalam kehidupan kita pribadi. Ya istilah zaman sekarang mah curhat gitu lho.


Dan alasan ini jugalah yang membuat sebagian orang masih tetap konsisten dalam ngeblog. Soalnya daripada uneg-uneg atau cerita tersebut hanya bisa dipendam dalam otak dan fikiran kita, kan mending ditumpahkan melalui media tulisan di blog. Harapannya ya barangkali saja tulisannya nanti bisa menginspirasi banyak orang.


5. Mencari tambahan penghasilan


Selanjutnya alasan yang kelima yang membuat orang-orang masih betah untuk ngeblog adalah buat mencari tambahan penghasilan. Jangan salah lho! Ngeblog juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Salah satunya adalah blognya dengan menjadi mitranya Google AdSense. Dan ini merupakan impian terbesar dari sebagian besar para blogger.


Selain lewat jaringan periklanan terbesar di dunia itu, penghasilan dari blog juga bisa dari menjual backlink. Menjual backlink di sini maksudnya adalah menjual artikel yang berisi tentang review produk sesuatu. Atau bisa juga artikel tersebut merupakan pesanan dari pihak tertentu yang menginginkan kita mengulas salah satu produknya.


6. Untuk personal branding


Dan alasan terakhir kenapa ada orang yang masih eksis menekuni dunia blogging adalah buat "menegaskan" personal branding dirinya. Jangan salah lho!  Bukan hanya sebuah perusahaan saja yang bisa mempunyai personal branding. Tapi seorang blogger juga bisa mempunyai personal branding untuk blognya dan sekaligus untuk pribadinya sendiri.


Ya itu karena dengan ngeblog, orang-orang jadi tahu akan kebiasaan kita, kesukaan kita, tentang dunia kita atau bahkan bisa tahu karakter sehari-hari kita. Dan pastinya, hal ini bisa menjadi hal positif bagi sebagian orang. Lalu setelah itu blognya pun jadi makin disukai banyak orang. Tentu saja ini menjadi harapan dari para blogger, tak terkecuali penulis sendiri.


Itulah setidaknya 6 alasan kenapa orang masih eksis untuk ngeblog. Nah jika seumpama anda termasuk seorang blogger juga, apakah keenam poin di atas menjadi alasan anda? Atau mungkin anda punya alasan sendiri, kenapa mau menekuni dunia ini?


Ya semoga saja alasan tersebut termasuk logis ya. Tapi yang lebih penting dari itu adalah anda punya tujuan dan motivasi sendiri, ketika terjun ke dunia ini. Dan pastinya anda mempunyai resiko dan tantangannya saat menjalakannya.


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa kami share pada kesempatan hari ini. Semoga ini bisa bermanfaat dan mohon maaf jika sekiranya ada salah-salah kata atau kalimat yang kami buat dalam postingan ini.


Keterangan: Sumber asli artikel berasal dari sini, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

No comments for "Inilah 6 Alasan Kenapa Orang Masih Eksis Untuk Ngeblog"