Yuk Mengenal Istilah-istilah di Dunia Perbankan

ilustrasi gambar oleh iStockphoto (edited by teknodigiku)



Yuk Mengenal Istilah-istilah di Dunia Perbankan


Industri perbankan adalah salah satu pilar penting dalam ekonomi global. Selain itu tentu saja ia pun memainkan peran yang vital di dalam kehidupan kita sehari-hari.


Akan tetapi seringkali istilah-istilah di dalam dunia perbankan ini, bikin bingung masyarakat kita. Tak terkecuali mungkin anda sendiri.


Hayoo, ngaku? Kalian kadang masih suka bingung kan, dengan istilah-istilah yang ada di sektor ini??? Atau kalaupun sudah pernah atau sering mendengarnya, namun kurang faham dengan makna yang sebenarnya. Pun begitu dengan maksud dan tujuannya.


Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan bahas tentang istilah-istilah yang ada di dunia perbankan, lengkap dengan pengertian atau tujuannya.


Penasaran apa saja diantaranya? Yuk kepoin informasinya di bawah ini:



1. Tabungan


Tabungan adalah jenis rekening bank yang memungkinkan anda menyimpan uang dengan bunga tertentu. Bunga ini biasanya lebih rendah daripada deposito. Namun anda dapat dengan mudah menarik uang dari rekening tabungan sesuai kebutuhan.


2. Deposito


Deposito adalah investasi jangka pendek dengan suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan. Nantinya uang akan ditempatkan dalam deposito untuk jangka waktu tertentu dan tidak dapat diambil sebelum jatuh tempo tanpa penalti.


3. Kartu Kredit dan Kartu Debit


Kartu kredit dan kartu debit adalah dua jenis kartu yang digunakan dalam transaksi keuangan di perbankan. Kartu kredit memungkinkan Anda meminjam uang dari bank untuk membayar belanjaan dan tagihan. Tapi setelah itu anda harus membayar kembali pinjaman tersebut dengan bunga tertentu.


Sementara itu kartu debit menghubungkan langsung ke rekening tabungan Anda, sehingga pembelian akan langsung didebet atau dipotong dari saldo rekening anda.


4 . PIN


Saat kita menggunakan kartu kredit dan kartu debit, biasanya kita diharuskan memakai kode PIN. Nah PIN itu apa sih sebenarnya?


PIN merupakan singkatan dari Password Identification Number. Dan biasanya terdiri dari kombinasi angka yang bersifat rahasia yang salah satu tujuannya adalah untuk mengakses akun atau rekening bank seseorang.


Singkatnya PIN ini sangat dibutuhkan sekali untuk menggunakan kartu debit, kartu kredit, ataupun transaksi lainnya. Terutama yang berkaitan dengan rekening nasabah sebuah bank.


Setiap orang bisa bebas menentukan kode PIN mereka sendiri. Tapi biasanya setiap bank mewajibkan nasabahnya untuk memilih kombinasi 4 – 8 angka, untuk dijadikan sebagai kode PIN pribadi mereka. 


5. Pinjaman


Pinjaman adalah jumlah uang yang dipinjam dari bank atau lembaga keuangan lainnya dengan persyaratan pembayaran kembali dalam jangka waktu tertentu. Dan pinjaman ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti misalnya untuk membeli rumah, mobil, pendidikan dan sebaginya


6. Hipotek


Hipotek adalah bentuk khusus dari pinjaman yang diberikan untuk pembelian rumah, dengan rumah sebagai jaminan. Namun jika si peminjam gagal membayar pinjaman, maka pihak bank nantinya mempunyai hak untuk mengambil rumah sebagai ganti rugi.


7. Sertifikat Deposito (CD)


Sertifikat Deposito (CD) adalah investasi jangka panjang dengan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan atau deposito. Nantinya uang yang ditempatkan dalam CD, harus tetap berada di rekening untuk jangka waktu tertentu. Tapi biasanya antara beberapa bulan hingga beberapa tahun saja.


8. Bunga dan Suku Bunga


Bunga adalah biaya atau imbalan atas penggunaan uang yang dipinjam atau disimpan. Karena ketika anda menyimpan uang di bank, bank akan memberikan bunga atas simpanan Anda. Sebaliknya saat anda meminjam uang kepada bank, maka anda pun harus membayar bunga atas pinjaman tersebut.


Sementara itu suku bunga adalah persentase bunga yang diberikan atau dibebankan atas transaksi keuangan anda di bank tersebut.



9. Biaya Administrasi


Biaya administrasi adalah jumlah uang yang harus dibayar sebagai imbalan atas layanan atau produk tertentu di sebuah bank. Biaya ini bisa berupa biaya administrasi bulanan untuk rekening bank atau biaya untuk menggunakan layanan khusus.


Pastinya penting sekali untuk selalu memperhatikan biaya administrasi ini. Soalnya ini untuk memastikan agar keuangan anda tetap efisien.





10. ATM


Isitlah yang harus anda ketahui berikutnya adalah ATM. ATM adalah mesin dengan sistem komputer yang dapat digunakan untuk mengambil uang tunai, mentranfer dana, dan melakukan cek saldo rekening bank di manapun mesin tersebut berada. Tapi mesin ATM ini hanya bisa diaktifikan dengan kartu magnetik bersandi, yang diberikan oleh pihak bank.


ATM sendiri adalah singkatan dari "Automatic Teller Machine". Sedangkan dalam bahasa Indonesianya sering disebut "Anjungan Tunai Mandiri".


Dengan adanya fasilitas ini, maka kita tidak perlu lagi mengunjungi bank pusat atau cabang untuk melakukan hal-hal yang sebagaimana disebutkan di atas. Biasanya mesin ATM berada dekat dengan pusat perbelanjaan, tempat rekreasi atau tempat-tempat fasiitas umum yang sering dikunjungi oleh orang-orang.


11. Transfer


Transfer merupakan istilah yang digunakan untuk mengirimkan uang dari satu rekening ke rekening lainnya, di mana saja dan kapan saja anda berada. Dan anda bisa mentransfer uang dalam kurs rupiah ataupun mata uang asing, tergantung dari kebijakan bank yang kamu gunakan.


Biasanya jika mengirimkan uang ke rekening bank lain atau antar bank yang berbeda, terdapat biaya transfer yang bervariasi dari setiap bank. Dan transfer bisa dilakukan dari mesin ATM atau bisa juga menggunakan layanan internet atau mobile banking yang disediakan oleh bank yang anda gunakan.


12. Giro



Mungkin anda belum terlalu akrab dengan istilah perbankan yang satu ini. Ya giro adalah simpanan yang bisa ditarik setiap saat, berapa pun jumlahnya.


Untuk penarikannya sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan cek, bilyet giro, pemindahbukuan, atau surat perintah pembayaran lain. Dan jika kita menyimpan uang dalam bentuk giro, nasabah akan mendapatkan rekening koran setiap bulannya.


13. Cek


Cek atau sering dikenal juga dengan cheque, adalah bukti perintah tertulis oleh seorang nasabah untuk menarik uang dengan tertera di dalam cek atas namanya atau atas penunjukan. Tapi sebelum menggunakan cek, seorang nasabah harus membuka rekening giro terlebih dahulu.


Itulah kenapa cek bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menarik uang di rekening giro. Oh ya selain untuk menarik uang, cek juga bisa digunakan sebagai alat tukar.


14. LPS


Istilah perbankan selanjutnya adalah LPS yang merupakan singkatan dari "Lembaga Penjamin Simpanan". Dua fungsi utama dari lembaga ini adalah untuk menjamin simpanan nasabah dan aktif memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangan lembaga.


LPS juga mempunyai wewenang untuk menetapkan dan memungut premi atas jasa penjaminan, menetapkan dan memungut kontribusi saat bank menjadi peserta lembaga, dan tidak lupa menjalankan kewajibannya. 


15. Dormant Account


Jika sudah pernah membuka tabungan, mungkin anda cukup familier dengan istilah perbankan yang satu ini. Ya dormant account adalah istilah lain dari rekening pasif atau dalam pengertian sebuah rekening yang sudah tidak memiliki aktivitas dalam jangka waktu tertentu.


Jangka waktu hingga sebuah rekening mendapatkan status dormant bervariasi. Dan itu tergantung dari kebijakan bank itu sendiri. Tapi biasanya, rata-rata kebijakannya adalah kurang lebih enam bulan dari aktivitas terakhir di rekening tersebut.


Itulah setidaknya 15 istilah di dunia perbankan dan berikut pengertian serta tujuannya untuk apa. Nah setelah membaca informasi ini, pastinya anda jadi faham ya. Karena dengan memahami istilah-istilah perbankan ini, anda akan lebih siap dan percaya diri dalam mengelola keuangan pribadi anda.


Selain itu, anda pun nantinya jadi bisa mengoptimalkan manfaat dari layanan perbankan yang tersedia atau yang anda pilih selama ini. Dan pastinya juga ini akan membuat keputusan keuangan yang bijaksana untuk masa depan anda.


Demikian tim TeknoDigiku memberikan ilmu dan informasi pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf jika seumpama ada kesalahan dan atau kekeliruan di dalam tulisan ini.


*Artikel diolah dari berbagai sumber

2 comments for "Yuk Mengenal Istilah-istilah di Dunia Perbankan"

Post a Comment