Inilah Jenis-jenis Asuransi Yang Ada di Indonesia

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Inilah Jenis-jenis Asuransi Yang Ada di Indonesia


Pada beberapa waktu yang lalu, kami sempat membahas tentang pengertian dan definisi asuransi. Nah pada episode kali ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis asuransi. Terutama sekali asuransi yang ada di Indonesia.


Lalu apa sajakah jenis-jenis asuransi yang ada di negeri kita tercinta ini?


Sebelum lebih jauh kita membahas soal ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui jika pada prinsipnya asuransi itu dibagi berdasarkan objek pertanggungannya. Seperti contohnya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi umum, asuransi sosial, dan sebagainya


Dan berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:


1. Asuransi kesehatan


Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan. Dan biaya pengobatan ini meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan, dan biaya obat-obatan. Sedangkan produk asuransi kesehatan yang umum dicari orang adalah hospital cash plan dan asuransi penyakit kritis.


Sementara untuk tips memilih asuransi kesehatan yang bagus adalah mencari perusahaan asuransi yang menawarkan manfaat pertanggungan besar dengan harga premi yang terjangkau. Selain itu, pilihlah asuransi kesehatan yang punya rekanan jaringan rumah sakit yang luas.


2. Asuransi jiwa


Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga menjadi salah satu jenis asuransi yang umum ditemukan di Indonesia. Asuransi jiwa adalah program perlindungan finansial dalam bentuk santunan tunai apabila terjadi risiko meninggal dunia atau cacat total tetap pada pemegang polis (tertanggung).


Termasuk produk asuransi jiwa dan juga banyak dicari orang adalah asuransi pendidikan. Nantinya uang pertanggungan yang diberikan dalam asuransi jiwa disesuaikan dengan premi yang dibayarkan.


3. Asuransi kecelakaan


Asuransi kecelakaan adalah produk asuransi yang memberikan solusi finansial jika tertanggung mengalami risiko kecelakaan diri. Dan solusi yang diberikan asuransi jenis ini biasanya adalah santunan untuk yang meninggal dunia dan biaya pengobatan bagi korban dari akibat kecelakaan tersebut.


4. Asuransi unit link


Asuransi unit link adalah produk asuransi yang memberi manfaat proteksi dan investasi. Artinya nasabah bisa mendapatkan manfaat asuransi dan nilai tunai investasi sekaligus. Biasanya produk asuransi yang satu ini, lazimnya ditemukan di asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.


5. Asuransi umum


Asuransi umum adalah produk asuransi yang memberikan penggantian karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, dan kehilangan keuntungan. Selain itu asuransi umum juga memberikan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung, atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa.


Produk asuransi umum ini juga banyak dicari orang lho. Seperti misalnya asuransi mobil, asuransi karyawan, asuransi properti, dan asuransi perjalanan.


Untuk asuransi mobil sendiri, biasanya ada dua jenis yang bisa dipilih. Yaitu asuransi all risk dan TLO. Lantas, apa perbedaan dari keduanya?


Kalau asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi yang menanggung segala bentuk kerugian, termasuk kerusakan ringan hingga berat, serta risiko kehilangan. Sedangkan asuransi TLO, pertanggungannya diberikan jika kerusakan mobil mencapai sama dengan atau lebih dari 75% nilai mobil sebelum mengalami kerugian.


6. Asuransi sosial


Asuransi sosial adalah jenis asuransi yang dihadirkan oleh pemerintah untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan premi terjangkau. Dan untuk asuransi jenis ini, ada dua produk yaitu BPJS Kesehatan yang memiliki fungsi serupa dengan asuransi kesehatan pada umumnya. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan tentunya ditujukan untuk mereka para kaum pekerja.


Keanggotaan BPJS Kesehatan bersifat wajib dan nasabah wajib membayar iuran tiap bulan sesuai dengan jenis kelas yang dipilih. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan bersifat opsional, yang iurannya langsung dipotong dari gaji karyawan atau dibayar sendiri oleh pengusaha.


7. Asuransi pendidikan


Mempersiapkan dana pendidikan untuk anak haruslah dilakukan sejak dini. Dengan harapan agar masa depan mereka terlindungi. Dan salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah dengan ikut program asuransi pendidikan.


Asuransi pendidikan sendiri mempunyai pengertian yakni jenis asuransi jiwa yang dikombinasikan deposito ataupun tabungan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Biasanya, manfaat pertanggungan ini bisa kamu dapatkan melalui asuransi dwiguna maupun unit link.


8. Asuransi korporasi


Asuransi korporasi adalah jenis asuransi kumpulan untuk para karyawan perusahaan. Jenis produknya ada asuransi kesehatan karyawan dan asuransi jiwa karyawan. Jadi kepesertaan asuransi karyawan hanya berlangsung ketika tertanggung masih menjadi karyawan di perusahaan tersebut.


9. Asuransi perjalanan


Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi, jika terjadi risiko perjalanan selama nasabah bepergian, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya asuransi perjalanan akan ditawarkan ketika kita membeli tiket pesawat, kereta, kapal, dan berbagai macam moda transportasi lainnya.


Sementara itu untuk manfaat dari asuransi jenis adalah buat ganti rugi ketika mengalami keterlambatan pesawat, kehilangan bagasi, kecelakaan dalam perjalanan, sampai dengan pertanggungan risiko kena Covid-19.


10. Asuransi hari tua


Asuransi hari tua adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan ketika nasabah memasuki usia pensiun dan tidak lagi produktif. Dengan asuransi in, nantinya nasabah akan mempersiapkan dana pensiun lebih dini. Sedangkan untuk besaran preminya, biasanya akan disesuaikan dengan kemampuan finansial nasabah.


11. Asuransi rumah


Pengertian asuransi rumah adalah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi kepada rumah tinggal ketika terjadi risiko tertentu. Dan risiko yang ditanggung biasanya adalah kehilangan akibat pencurian, kebakaran, atau dan sebagainya.


12. Reasuransi


Reasuransi ini berbeda dengan pengertian asuransi yang sebenarnya. Ya reasuransi adalah jasa asuransi yang memberikan pertanggungan ulang terhadap risiko yang ditanggung oleh sebuah perusahaan asuransi. Jadi singkatnya reasuransi ini bisa disebut juga sebagai asuransinya dari asuransi.


Itulah jenis-jenis asuransi yang sejauh ini ditemukan di Indonesia. Nah, sekarang anda faham kan? Lalu anda sendiri selama ini sudah ikut program apa saja? Kalau admint sendiri paling cuma ikut yang BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Atau dengan kata lain, hanya ikut yang asuransi sosial saja, yang notabene merupakan asuransi produk dari Pemerintah. Hehe


Oke demikian informasi yang bisa tim TeknoDigiku bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf jika di dalam thread ini, ada kesalahan dan atau kekeliruan, baik yang disengaja maupun tidak.


Keterangan: Sumber asli artikel berasal dari sini, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

No comments for "Inilah Jenis-jenis Asuransi Yang Ada di Indonesia"