10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Bagus Untuk Blogger Pemula

ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by teknodigiku)


10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Bagus Untuk Blogger Pemula

 
Ngeblog bagi sebagian orang merupakan suatu hobby. Tapi ada juga yang menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan. Karena dari sana kita bisa mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah dengan menjadikan blog kita sebagai patner Google AdSense, yang merupakan perusahaan jaringan iklan terbesar di dunia.


Meski demikian tentu saja semuanya tidak semudah membalikkan telapak tangan kita. Sebab untuk bisa diterima di Google AdSense pun nggak mudah. Bahkan mungkin butuh perjuangan yang panjang nan melelahkan.


Ini serius lho! Karena pernah ada seorang blogger yang bisa diterima di sana (blognya), setelah hampir setahun menunggu. Sebelumnya ia ditolak terus pengajuannya.


Di luar itu kualitas blog kita juga patut di kedepankan, jika memang tujuannya ingin ke sana. Karena ini faktor penting juga yang bisa menentukan bisa diterima atau nggaknya di Google AdSense.



Dan salah satu faktor yang bisa menentukan kualitas blog kita adalah artikel atau isi tulisannya. Tentu saja artikelnya bukan sekedar menarik dan lalu dibaca orang banyak. Namun kalau bisa benar-benar baik dan bagus, secara kaidah dalam dunia tulis menulis..


Memang sejatinya membuat artikel di blog itu gampang-gampang susah. Terlebih buat yang belum pengalaman, belum terbiasa dan atau tadinya kurang suka dengan dunia tulis menulis. Atau katakanlah dia masih tergolong newbie alias masih pemula, dalam dunia blogging dan tulis menulis.


Tapi gampang di sini maksudnya secara teorinya ya. Sedangkan secara prakteknya, terkadang sangat sulit sekali. Apalagi untuk bisa menghasilkan sebuah artikel yang bagus dan baik untuk blog kita.
 

Lalu bagaimana caranya membuat artikel yang bagus dan baik bagi seorang blogger pemula? Nah pada edisi kali ini, saya akan memberikan caranya yang berkaca dari pengalaman saya ngeblog selama ini. Dan inilah dia 10 diantaranya:



1. Tentukan judul dan topik dari awal

 

Untuk cara yang pertama adalah dengan menentukan judul dan topik dari awal. Ini penting, mengingat dua hal itu adalah nyawanya sebuah artikel. Dan dengan menentukannya sedari awal, maka kita akan lebih fokus terhadap bahasan yang akan kita tulis dalam artikel tersebut.



2. Rancang kata-kata atau kalimat yang menarik

 

Untuk cara yang kedua adalah dengan merancang kata-kata atau kalimat yang menarik. Terutama pada paragraf pertama dan kedua. Tujuannya adalah untuk memantik pengunjung agar nanti mau membacanya sampai tuntas. Selain itu dengan membuat kata-kata atau kalimat menarik, menjadikan deskripsi dari topik yang kita tulis itu semakin terarah dan jelas.



3. Tulis apa inti yang mau disampaikan di dalam artikel

 

Selanjutnya untuk cara yang ketiga adalah dengan menulis tentang hal-hal apa saja yang menjadi inti dalam artikel tersebut. Tapi kalau bisa sih, jangan terlalu singkat dan jangan juga terlalu panjang. Ya dibuat proporsional saja serta kalau bisa jangan berbelit-belit penjabarannya.



4. Menggunakan kata-kata atau kalimat EYD

 

Untuk cara yang keempat adalah dengan menggunakan kata-kata atau kalimat EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Atau dengan kata lain, menggunakan bahasa yang baku. Ini point wajib sebenarnya bagi seorang blogger dalam setiap menulis artikel di blognya.


Kenapa demikian? Karena dengan kita menulis artikel sesuai EYD, maka kita telah mementingkan salah satu kaidah dalam dunia tulis menulis. Selain itu, kita pun jadi seperti seorang penulis yang "profesional", oleh sebab sudah memperhatikan faktor itu.



5. Perhatikan penggunaan tanda baca di setiap tulisan

 

Untuk cara yang kelima adalah dengan memperhatikan penggunaan tanda baca di setiap tulisan dalam artikel yang kita buat itu. Ini juga hal yang tak boleh diabaikan dalam menulis sebuah artikel, oleh karena nanti agar artikelnya enak dibaca oleh orang-orang yang mengunjungi blog kita.



6. Beri spasi yang cukup diantara paragraf

 

Berikutnya untuk cara yang keenam adalah dengan memberi spasi yang cukup di setiap paragraf dalam artikel tersebut. Untuk yang ini, tujuannya kurang lebih sama dengan poin sebelumnya yakni biar artikelnya enak dibaca oleh para visitor setia blog kita.



7. Jangan ada kata-kata atau kalimat yang diulang dan disingkat



Untuk cara yang ketujuh adalah jangan ada kata-kata atau kalimat yang diulang dan disingkat. Tujuannya adalah agar artikel kita terlihat padat secara isi, namun ringkas dalam setiap penjelasan di dalam sub bahasan artikel.



8. Sering-sering pratinjau tulisan yang sudah dibuat dalam artikel

 

Sering-sering melakukan pratinjau tulisan yang sudah dibuat adalah cara selanjutnya untuk menciptakan sebuah artikel yang bagus dan baik di blog kita. Soalnya biar kita bisa tahu, kalau seumpama ada kata-kata atau kalimat yang typo atau salah (meski cuma satu huruf saja), dan atau ada yang kurang pas untuk disisipkan dalam artikel tersebut.



9. Gunakan kata-kata atau kalimat penutup yang menarik

 

Untuk cara yang ke-9 adalah dengan menggunakan kata-kata atau kalimat penutup yang menarik. Kenapa hal ini harus dilakukan? Sebab biar nantinya para pengunjung blog anda terkesan, dengan artikel yang sudah nada buat tersebut.


Selain itu dengan menggunakan kata-kata atau kalimat penutup yang menarik, maka kita telah berupaya "menyempurnakan" sebuah thread yang ada di blog kita. Apalagi kalau pada bagian pembuka pun, kita telah melakukan hal yang serupa.



10. Pratinjau isi artikel secara keseluruhan

 

Dan untuk cara yang terakhir atau ke-10 adalah dengan melakukan pratinjau secara keseluruhan isi artikel, sebelum nanti diterbitkan dan menjadi sebuah thread dalam blog kita. Tujuan dari step terakhir ini adalah untuk mengoreksi dan mendeteksi kemungkinan terjadi kesalahan atau typo dalam artikel. Kalau misalnya ada kan bisa kita edit pada saat itu juga.

 

Kira-kira seperti itulah cara untuk membuat artikel yang baik dan bagus bagi seorang blogger pemula. Dulu pun saat masih awal-awal terjun di dunia blogging, saya hampir selalu menerapkan 10 point di atas. Terutama saat akan membuat sebuah artikel untuk blog saya.



Oke demikianlah informasi yang bisa saya persembahkan pada hari ini. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini, bisa bermanfaat terutama bagi para blogger dimana pun anda berada. Dan mohon maaf apabila terdapat salah-salah kata atau kalimat pada artikel yang saya tulis di atas.



Keterangan: Sumber artikel asli dari sini, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

3 comments for "10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Bagus Untuk Blogger Pemula"

  1. rencana mau niat buat artikel dengan benar web di pribadi, searching mampir di web ini, thanks for information

    ReplyDelete
  2. tips yang bermanfaat tuk saya pribadi, akan saya terapkan di blog saya, adipraa dot com

    ReplyDelete

Post a Comment