Tips Biar Sukses Menjalankan Bisnis Retail

ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by zaeabjal17.online)


Tips Biar Sukses Menjalankan Bisnis Retail


Bisnis ritel adalah kegiatan usaha yang melibatkan transaksi penjualan barang atau jasa kepada para konsumennya. Dan barang atau jasa yang dijual, bentuknya dalam jumlah satuan maupun eceran namun untuk dikonsumsi pribadi dan tidak diperkenankan untuk diperjualbelikan kembali.


Kelebihan dari bisnis ini adalah transaksi jual belinya bisa secara langsung kepada konsumen terakhir. Sedangkan barang yang dijual biasanya untuk keperluan rumah tangga. Sementara itu sistem kerja yang biasa digunakan pada bisnis ritel adalah menghubungkan produsen utama (grosir besar) dengan konsumen yang melakukan pembelian barang dalam jumlah kecil maupun bentuk satuan.


Selain itu keuntungan dari jenis bisnis seperti ini adalah bisa memudahkan konsumen memperoleh barang yang diinginkan. Sebab tanpa adanya ritel, mereka akan mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, oleh karena harus membeli langsung dari produsen.


Akan tetapi memang pada umumnya, hakikat bisnis ritel adalah untuk membuat pembeli maupun penjual merasa diuntungkan. Namun hal tersebut dapat dicapai ketika diantara kedua belah pihak dapat memahami beberapa fungsinya.


Lalu bagaimanakah jika kita ingin sukses di bidang ini? Atau singkatnya bagaimana kiat-kiat agar bisnis retail yang kita rintis ini, bisa berjalan sukses?


ilustrasi gambar oleh iStockphoto (edited by teknodigiku)


Berdasarkan informasi yang kami himpun, setidaknya inilah 5 tips diantaranya:



1. Beri kode khusus untuk barang yang akan dijual


Tips yang pertama adalah beri kode khusus untuk barang-barang yang anda jual. Tujuannya adalah agar kita bisa membedakan antara satu jenis barang dengan barang lainnya. Atau dengan kata lain buat mengidentifikasi semua barang yang akan kita jual ke konsumen. Kan barang-barang yang akan kita perjual belikan di dalam usaha kita ini, bisa jadi jumlahnya banyak dan beragam.


2. Buat catatan transaksi penjualan dengan rapi


Untuk tips yang kedua adalah buatlah catatan transaksi penjualan dengan serapi mungkin. Tujuannya adalah buat mengetahui untung rugi yang kita dapat dan juga untuk mengetahui barang apa saja yang menjadi pilihan para konsumen kita.


Oh ya untuk periode pencatatannya sendiri bisa dalam waktu harian, mingguan atau bulanan. Tapi akan lebih baik sih dibuat dalam periode harian saja. Terlebih jika bisnis retail kita ini ternyata ramai atau banyak konsumennya dalam setiap harinya.


3. Siapkan gudang untuk barang jualan anda


Kemudian untuk tips yang ke-3 adalah siapkan gudang untuk barang jualan anda. Tujuannya adalah buat menyimpan stok barang dagangan yang anda jual dalam bisnis ini. Selain ini nantinya gudang ini fungsinya bisa untuk mensortir barang yang bagus atau nggak buat dijual ke konsumen.


4. Lakukan stok opname barang secara berkala


Fungsi lain dari adanya gudang ini adalah buat stock opname. Stock opname adalah kegiatan untuk menghitung tingkat persediaan barang yang masih tersimpan di gudang, sebelum nantinya dipasarkan.


Kegiatan ini juga mencakup banyak aktivitas. Seperti misalnya menghitung jumlah item, melakukan inspeksi langsung, hingga mengatur untuk memfasilitasi operasi saat produk tertentu diperlukan.


Oh ya tujuan dari stock opname adalah untuk memastikan kelancaran semua proses bisnis retail yang anda jalankan. Terutama sekali yang berkaitan dengan pengiriman produk yang ditawarkan.


5. Cek selalu barang yang masuk


Dan tips terakhir atau yang kelima cek selalu barang yang masuk. Khususnya dalam hal ini produk barang yang dijual dalam bisnis anda ini. Sedangkan untuk tujuannya sendiri mungkin sudah dijabarkan di poin sebelumnya, yakni diantaranya untuk menghitung jumlah tingkat persediaan barang yang masih tersimpan di gudang.

Itulah setidaknya 5 tips agar bisnis retail yang anda jalankan, sukses dan lancar. Setelah membaca tips-tips ini, apakah kemudian anda tertarik untuk menekuni bisnis ini? Semoga saja jika seumpama anda tertarik, informasi di atas ini bisa membantu anda.


Demikian kami dari tim TeknoDigiku memberikan ilmu dan informasi untuk anda. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf apabila ada kesalahan dan atau kekeliruan di dalam postingan ini.

No comments for "Tips Biar Sukses Menjalankan Bisnis Retail"