7 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Anda Biar Nggak Rugi

ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by teknodigiku)


7 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Anda Biar Nggak Rugi


Punya sebuah usaha atau bisnis, pastinya dambaan semua orang. Apalagi bisa mempunyai keuntungan yang berlipat-lipat. Dan ini nggak melihat usaha atau bisnis anda tersebut, dalam skala kecil atau besar. Pun nggak melihat dalam jenis atau bidang apapun. Yang terpenting adalah anda tekun dalam menjalankannya, serta tak lupa niat dan keinginan yang kuat tentunya.


Memang tak mudah pastinya dalam realitanya. Namun jika kita mampu mengelolanya dengan baik, bukan mustahil kelak bisnis yang anda rintis tersebut sukses besar. Dan kalau sudah begitu, maka niscaya keuntungan yang akan anda raih nantinya juga pasti besar.


Meski demikian stepnya tidak berhenti sampai sini saja. Karena ketika sudah sukses misalnya, maka anda juga harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan bisnis anda ini. Soalnya kalau nggak begitu, bisa jadi malah kemudian anda merugi. Atau malah bangkrut.


Nah supaya nggak boncos, maka ada baiknya anda harus mengatur keuangan di dalam bisnis anda ini. Dan berikut ini adalah 7 cara diantaranya:


1. Buat sebuah proyeksi keuangan


Cara yang pertama adalah anda harus membuat sebuah proyeksi untuk keuangan anda. Proyeksi ini bisa berupa tabungan tertentu untuk masa depan anda. Atau bisa juga sebuah proyeksi bisnis lain, di luar bisnis yang sedang anda geluti pada saat ini.


Tentu saja dengan adanya proyeksi ini, membuat anda punya simpanan atau cadangan keuangan di kemudan hari. Dan pastinya itu bisa berguna, jika seumpama kepepet atau sangat membutuhkan banget. Ntah itu untuk keperluan bisnis anda atau untuk kebutuhan hidup anda sehari-hari.


2. Pisahkan rekening untuk pribadi dan usaha


Terus cara yang kedua adalah dengan memisahkan rekening untuk pribadi dan juga untuk bisnis anda. Ini penting mengingat kalau semuanya disatukan atau anda hanya punya satu rekening saja, khawatir pos-pos buat pengeluaran atau pemasukkan bisnis anda akan terganggu..


Lagipula dengan keduanya dipisah, membuat keuangan anda akan sehat nantinya. Sebab masing-masing punya fungsi dan tujuannya.


3. Pelajari ilmu tentang mengelola keuangan


Nah ini juga penting, yakni mempelajari ilmu tentang mengelola keuangan. So ini pun termasuk dari cara buat mengatur keuangan dari bisnis yang sedang anda jalankan pada saat ini. Terlebih jika seumpama anda masih awam soal keuangan dan tetek bengeknya.


Tentu saja ini tujuannya buat sebagai bekal agar anda bisa menjalankan bisnis anda itu dengan baik. Atau setidaknya ini buat menambah-nambah pengetahuan dan wawasan anda.


4. Gunakan keuntungan untuk pengembangan bisnis anda


Berikutnya cara agar keuangan bisnis anda biar nggak rugi adalah menggunakan keuntungan dari bisnis anda itu, untuk pengembangan lanjutan. Misalnya dengan membuka usaha lain atau bisa juga memperbesar jaringan bisnis yang sekarang anda jalani. Tujuannya adalah biar keuntungan yang sudah anda raih ini, dimanfaatkan buat hal yang positif.


5. Tuntaskan setiap faktur penjualan dan pembelian


Selanjutnya cara yang ke-5 adalah dengan selalu menuntaskan setiap faktur penjualan dan pembelian dari bisnis anda. Tujuannya adalah biar semua masalah selesai, hingga nggak menimbulkan polemik atau konflik di kemudian hari. Kalau sudah begini kan anda bisa tenang nantinya, dalam setiap menjalankan aktivitas apapun di dalam bisnis anda tersebut.


6. Catat semua biaya pengeluaran dan pemasukkan dengan rinci


Kemudian cara yang keenam adalah dengan mencatat semua biaya pengeluaran dan pemasukkan. Tapi tentunya dengan jelas nan rinci. Tujuannya sudah tentu agar kita bisa tahu dan teliti, kemana saja uang yang masuk dan kemana saja uang yang keluar.


7. Utamakan membayar tagihan usaha terlebih dahulu


Dan cara terakhir biar keuangan dari bisnis anda tetap lancar adalah dengan mengutamakan terlebih dahulu membayar tagihan dari usaha atau bisnis anda tersebut. Tujuannya adalah biar nantinya bisnis anda itu sistemnya nggak gali lobang tutup lobang. Anda nggak mau kan, punya usaha tapi nggak ada untungnya oleh sebab labanya selalu dipakai buat bayar hutang atau tagihan.


Itulah setidaknya 7 cara dalam mengatur keuangan bisnis anda biar nggak rugi. Nah dari step-step di atas, manakah kira-kira yang sudah dan atau belum anda lakukan? Terkhusus jika anda sedang dalam keadaan membuka sebuah usaha atau bisnis tertentu.


Semoga ya, anda sudah mempraktekkannya. Ya nggak harus langsung semuanya. Namun setidaknya anda faham dengan poin-poin yang sudah kami jabarkan di atas.


Oke demikian kami tim dari TeknoDigiku memberikan informasi pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf, jika sekiranya ada salah-salah kata atau kalimat dalam postingan ini.

2 comments for "7 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Anda Biar Nggak Rugi"

  1. memisahkan rekening pribadi dan bisnis memang perlu ya, supaya ketahuan juga progress usaha kita. Aku sendiri masih banyak belajar mengenai dunia bisnis, apalagi sampai mengatur keuangan, kudu teliti juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..

      Semoga usahanya sukses dan lancar ya 😇

      Delete

Post a Comment