Cara Menghemat Baterai Laptop

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Cara Menghemat Baterai Laptop


Pastinya diantara kita banyak yang mempunyai laptop. Karena memang peranti yang satu ini, banyak kegunaannya. Salah satunya adalah untuk membantu pekerjaan kita. Terutama pekerjaan yang berhubungan pembuatan dokumen, internet marketing atau dan sebagainya.


Tak hanya itu. Laptop sekarang bahkan bisa juga buat sebagai ajang sarana hiburan. Seperti misalnya untuk mendengarkan musik, bermain game (baik offline maupun online), atau berselancara di dunia maya termasuk untuk mengakses akun-akun media sosial kita.


Nah karena mafaatnya yang banyak itu, maka tak heran jika alat yang sering disebut sebagai komputer jinjing tersebut, pasti sering kita pakai dalam kesehariannya. Bahkan mungkin ada yang sampai waktunya dihabiskan di depan perangkat itu selama hampir 24 jam.


Nggak apa-apa sih kalau memang aktivitasnya mengharuskan stay di depan laptop selama itu. Paling masalah yang mungkin muncul di kemudian hari adalah mata anda yang bisa saja rusak, karena selalu mantengin layar monitornya. Atau pinggul anda akan merasa kram, kalau terlalu lama duduk lama dalam keadaan statis, oleh sebab anda nggak bisa jauh-jauh dari laptop.


Akan tetapi masalah yang timbul bukan hanya terhadap tubuh anda. Namun juga terhadap laptop yang anda gunakan itu. Karena terlalu sering atau lama dipakai juga bisa mengakibatkan perangkat tersebut cepat rusak. Atau setidaknya daya tahan baterainya lama-lama akan mengendur.


Tentu saja kita harus memperhatikan juga hal itu. Ya minimal kita harus telaten dalam merawatnya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan daya tahan baterainya. Karena kalau nggak, laptop anda nantinya akan cepat ngedrop pada saat anda sedang memakainya.


Nah untuk memperhatikan daya tahan baterainya ini, triknya adalah dengan sebisa mungkin kita selalu menghemat baterai laptop kita. Dan ini tidak tergantung seberapa sering atau lama kita dalam menggunakan perangkat tersebut.


ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by zaeabjal17.online)


Lalu bagaimana caranya kita menghemat baterai laptop kita? Berdasarkan pengalaman kami pribadi, setidaknya inilah 4 diantaranya:


1. Jangan dicas sambil digunakan


Yang pertama adalah jangan cas laptop anda, tapi sambil digunakan. Ini karena baterai laptop anda nanti akan cepat rusak. Atau setidaknya nanti baterainya akan cepat ngedrop alias nggak akan bertahan lama. Tentu anda nggak mau kan seperti itu.


Sebenarnya bukan hanya pada laptop saja sih yang harus begini. Namun pada perangkat elektronik lainnya seperti handphone juga memang nggak boleh. Terkait ini, kami pernah membahasnya pada beberapa waktu yang lalu (lihat threadnya di sini).


2. Dicas jangan sampai nunggu lowbat


Terus cara yang kedua adalah jangan cas laptop anda sampai nunggu lowbat. Apalagi kalau lowbatnya itu parah banget. Kalau yang ini, kami kurang tahu persis apa dampaknya jika kita mencas laptop saat benar-benar dalam keadaan lowbat.


Tapi kan setidaknya dengan mencas saat tidak lowbat, membuat laptop anda cepat full energi baterainya. Dan pastinya anda nanti bisa cepat menggunakannya kembali.


Oh ya untuk ukuran lowbatnya itu kira-kira sudah 30-40% daya tahan baterainya. Jangan kurang dari itu kalau bisa. Kami pun tak pernah mencas laptop kami, dalam keadaan prosentase daya tahan baterainya kurang dari itu.


3. Perhatikan usia pakai baterai


Selanjutnya cara yang ketiga adalah dengan memperhatikan usia pakai baterai anda. Terlebih kalau baterainya itu ternyata bukan yang original. Karena kalau yang bukan original itu biasanya umurnya nggak tahan lama.


Dalam pengertian lain, tips yang nomor tiga ini maksudnya adalah anda harus mengetahui kapan saatnya anda harus mengganti baterai laptop anda. Contohnya kalau seumpama sudah ngedrop banget, maka sudah dipastikan bahwa baterai laptop anda sudah "minta adik".


4. Jangan terlalu diforsir pemakaiannya


Dan tips yang keempat agar baterai laptop anda bisa hemat adalah jangan terlalu diforsir pemakaiannya. Ini juga faktor penting yang harus anda perhatikan. Sebab usia daya tahan baterai laptop itu terkadang bergantung dari seberapa sering kita memakainya.


Tapi ini bukan berarti kita harus membatasinya juga ya. Karena kan kebutuhan kita dalam menggunakan alat tersebut, bisa saja berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Bisa saja anda lebih sering, karena mungkin tuntutan pekerjaan atau tugas anda sehari-hari.


Meski demikian kita sebenarnya tetap bisa koq menghemat pemakaiannya, even dalam keadaan seperti di atas. Caranya? Misal jika memungkinkan bisa dilakukan di perangkat HP, ya gunakan alat ini dan jangan memakai laptop. Dengan begitu kan kita sudah berhemat waktu dalam penggunaan laptop yang kita punya.


Hp sekarang kan fiturnya canggih-canggih. Salah satunya adalah ada beberapa layanan atau fasiltas di perangkat laptop, yang juga bisa diaplikasikan di alat komunikasi tersebut.


Itulah setidaknya 4 cara agar baterai laptop kita bisa hemat dalam penggunaannya. Tips ini benar-benar ampuh lho, karena beberapa poinnya sudah kami praktekkan. Tapi ya sebenarnya balik lagi ke pemakaiannya. Kalau sering dan apalagi gasruk (istilahnya) dalam menggunakannya, maka sudah bisa dipastikan baterai laptop anda akan cepat rusak atau ngedrop.


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa tim TeknoDigiku bagikan pada kesempatan hari ini. Semoga ini bisa bermanfaat dan mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau kalaimat dalam postingan yang kami tulis di atas.

No comments for "Cara Menghemat Baterai Laptop"