Cara Memonetisasi Facebook Untuk Akun Pribadi

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Cara Memonetisasi Facebook Untuk Akun Pribadi


Beberapa waktu yang lalu, TS iseng buka akun FB atau Facebook punya sendiri. Kebetulan pada saat itu TS buka pas di bagian profilnya. Setelah itu ntah kenapa tiba-tiba saya tertarik dengan opsi tombol yang bertuliskan "aktifkan mode profesional" yang muncul di sana.


Karena merasa tertarik, selanjutnya saya menekan tombol tersebut dan kemudian mengisi beberapa kolom yang tersedia di sana, sesuai petunjuknya. Waktu itu jujur, hanya sekedar iseng-iseng saja sebenarnya serta nggak tahu arah dan tujuannya kemana.


Tapi anda tahu nggak, kalau tombol tersebut muara dan ujungnya kemana? Ya singkatnya atau sesuai judulnya, tombol itu adalah buat mengaktifkan akun FB kita secara profesional.


Lalu pertanyaannya; memang apa keuntungannya kita memiliki akun FB profesional? Kan kita bukan seorang pekerja profesional dalam bidang tertentu (umpamanya). Atau misalnya kita bukan seorang bisnisman yang memanfaatkan FB buat kepentingan bisnis kita.


Eits, tunggu dulu! Ternyata memang benar ada keuntungannya lho, jika akun FB kita diubah ke mode profesional. Salah satunya adalah kita bisa mendapatkan cuan dari sana. Atau lebih tepatnya, kita bisa memonetisasi akun FB kita tersebut.


Bentar..!!! Bukannya untuk FB, kalau mau dimonetisasi itu syaratnya harus punya fans page atau halaman ya? Sedangkan ini kan akun FB atas nama pribadi.


Nah ini yang belum anda tahu. Ternyata akun FB kita sendiri, bisa dimonetisasi walau kita belum atau nggak punya fans pagenya. Atau singkatnya, kita bisa memonetisasi akun FB kita, tanpa perlu membuat sebuah fans page di sana.


Selama ini kan kita tahunya, FB hanya bisa dimonetisasi jika kita punya fans page di akun media sosial tersebut. Itupun masih ada syarat lain lagi, yang pastinya nggak mudah untuk dilalui.


Lalu bagaimana caranya kita bisa memonetisasi akun FB kita sendiri? Dan adakah syarat-syarat khususnya?


Untuk bisa memonetisasi FB kita, caranya kita harus aktifkan dulu mode profesional akun kita tersebut. Sedangkan cara untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut:


1. Buka aplikasi Facebook di HP anda (aplikasinya bukan yang versi Lite ya).

2. Kemudian masuk ke bagian profil akun anda.

3. Selanjutnya klik ikon tiga titik garis yang berada di kanan bawah foto profil anda.

4. Berikutnya anda akan dibawa ke menu "Pengaturan Profil".

5. Selanjutnya pilih menu "Aktifkan mode profesional" dan lalu klik "Aktifkan"

6. Kemudian ikuti langkah-langkah sesuai instruksi yang ada di sana.

7. Setelah itu mode profesional akun FB anda sudah aktif.


Keterangan: Jika opsi menu "Aktifkan mode profesional" tidak bisa diklik, berarti akun FB anda belum memenuhi syarat dimonetisasi.


Pasca diaktifkan mode profesional, selanjutnya FB anda nanti bisa dimonetisasi. Salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan fitur "stars" atau bintang, lewat video-video yang anda upload di sana. Karena dengan fitur itu, memungkinkan anda nanti mendapatkan uang.


Cara kerjanya adalah bintang itu nantinya dikirim oleh followers atau teman anda, setelah menonton video yang anda unggah tersebut. Dan anda tahu, jika setiap bintang yang hendak dikirim itu berbayar alias ada harganya.


contoh jika seumpama kita mau mengirim bintang ke akun FB pribadi yang sudah menyediakan fitur "stars"


Tentu saja pilihan bintang yang mau dikirim tersebut banyak opsinya. Contoh misalnya jika ingin mengirim banyak, maka dipastikan harganya jauh lebih mahal. Sedangkan jika mengirimnya sedikit, maka harganya akan semakin murah.


Jadi kesimpulannya, apabila anda ingin mendapatkan cuan dari akun FB anda dengan melalui fitur tersebut, maka sebisa mungkin anda harus rajin upload video. Terutama sekali video yang sekiranya menarik banyak orang. Soalnya biar memantik orang untuk kirim bintang sebanyak mungkin.


Oh ya sebenarnya fitur monetisasinya bukan hanya melalui fitur stars saja. Tapi ada juga opsi lainnya. Seperti misalnya "Bonus", "Iklan In-Stream" dan "Langganan".


Akan tetapi sayangnya untuk akun FB saya sendiri belum tersedia fitur-fitur itu. Mungkin memang persyaratannya belum memenuhi. Atau memang fiturnya hanya melalui stars saja, jika untuk akun FB yang bersifat pribadi (bukan fans page).


*Ntahlah! Sampai sejauh ini saya sendiri belum memang benar-benar faham


fitur-fitur monetisasi di akun FB saya yang sudah tersedia sejauh ini


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa say kasih pada kesempatan hari ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf apabila ada kesalahan dan atau kekeliruan di dalama postingan ini.

2 comments for "Cara Memonetisasi Facebook Untuk Akun Pribadi"

  1. Oh begitu, bentar aku cek dulu fb ku, thanks bro infonya👍

    ReplyDelete

Post a Comment