Inilah Perbedaan Mendasar Antara Blog Dengan Website

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Inilah Perbedaan Mendasar Antara Blog Dengan Website


Pada beberapa waktu yang lalu, kami sudah membahas apa itu website beserta definisi dan pengertiannya. Lalu kalau blog itu apa? Apakah sama, ataukah sebenarnya berbeda?


Untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk simak penjelasannya di bawah ini.


Pengertian dan Definisi Blog


Blog adalah salah satu media online yang isinya terdiri dari beberapa artikel, yang membahas tentang sesuatu hal. Dan biasanya fokusnya ke satu bidang tertentu saja. Seperti misalnya lifestyle, finance, teknologi, traveling atau dan sebagainya.


Untuk kontennya sendiri biasanya dalam bentuk sebuah artikel, video, atau foto. Dan jenis kontennya ini bisa berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan. Sedang untuk pengelolanya bisa berjumlah satu orang atau lebih. Selanjutnya para pengelola blog ini, disebutnya blogger.


Sementara itu topik yang ditampilkan pada blog biasanya hanya fokus pada satu bidang tertentu saja. Contoh misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya. Meski demikian ada juga blog yang topiknya beragam atau yang oleh para blogger disebutnya blog gado-gado.


Tampilan blog juga biasanya lebih bersifat dinamis. Itu karena kontennya yang sering di-update secara berkala. Dan memang konten ini adalah nyawanya sebuah blog. Bahkan bisa menentukan sukses atau tidaknya blog tersebut.


Sementara dari segi kepemilikannya, blog banyak dimiliki oleh perseorangan. Namun, blog juga dimiliki oleh bisnis, perusahaan, dan lembaga untuk promosi dan strategi pemasaran.


Perbedaan Blog Dengan Website


Lalu apa perbedaannya dengan website? Blog biasanya berisi konten-konten yang relevan untuk pembacanya. Dan itu tergantung niche serta siapa yang mengelolanya. Sedangkan konten di website umumnya berisi informasi spesifik tentang produk atau layanan sebuah perusahaan. Contoh misalnya tentang sejarah, alamat, produk, atau kontak perusahaan tersebut.



Terus dari arah komunikasi juga ada perbedaan antara blog dan website. Jika blog cenderung lebih interaktif, sedangkan website bersifat satu arah. Di blog misalnya, setiap pembaca bisa meninggalkan komentar di setiap kontennya. Bahkan komentar itu bisa dibalas siapa pun, termasuk oleh orang lain. Dan ini artinya, ruang diskusi di blog memang lebih luas.


Sementara itu di website, umumnya tidak ada kolom komentar. Justru sebagian besar malah lebih memilih menyediakan form kontak, live chat, atau langsung mengarahkan pengunjung ke sosial media perusahaan atau nomor tertentu.


Bukan tanpa alasan jika formatnya seperti ini. Soalnya website memang fokusnya ke transaksi untuk kelancaran bisnis perusahaan. Jadi ketika ada prospek, si pengelola website berharap bisa berkomunikasi secara langsung ke yang bersangkutan.



Selanjutnya perbedaan yang mecolok antara blog dengan website adalah dari segi bahasa. Blog misalnya seringnya menggunakan bahasa yang santai. Karena memang tujuannya untuk berkomunikasi langsung dengan audiens yang personanya sudah jelas. Jadi dengan begitu isi kontennya bisa dinikmati dan dipahami.


Ini beda sekali dengan website yang lebih profesional dan formal. Alasannya, target audiens website lebih umum. Oleh sebab itu, bahasa yang dipakai pun dibuat lebih formal dan to the point dengan tujuan agar pesannya langsung sampai.



Dan perbedaan terakhir antara blog dengan website adalah soal intensitas update kontennya. Jika blog lebih sering, karena memang di sinilah nyawanya. Dan update kontennya ini, bisa setiap hari atau dalam selang waktu tertentu.


Sementara itu untuk website, lebih jarang update kontennya. Paling kalau ada, hanya sekedar memperbaharui informasi dasar dari perusahaan di website itu. Atau kadang juga tentang informasi terbaru apa saja yang layak diketahui publik.


Demikian informasi yang bisa tim TeknoDigiku berikan pada kesempatan hari ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf jika seumpama ada kekurangan dan atau ketidak sempurnaan pada informasi yang kami tulis di atas ini.


Keterangan: Artikel asli berasal dari Niagahoster, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

No comments for "Inilah Perbedaan Mendasar Antara Blog Dengan Website"