5 Aplikasi Yang Bisa Bermanfaat di Bulan Ramadhan

ilustrasi gambar oleh iStockphoto (edited by teknodigiku)


5 Aplikasi Yang Bisa Bermanfaat di Bulan Ramadhan


Tak terasa ya, bulan Ramadhan sudah berada di depan ujung mata kita. Itu berarti, sebentar lagi kita akan menjalankan puasa wajib selama sebulan penuh.


Dan pastinya diantara kita sudah mempersiapkan segala-galanya. Baik persiapan ruhani, fisik maupun persiapan kebutuhan logistik buat menunjang ibadah kita nantinya. Tujuannya tentu saja agar kita bisa khusu' dalam melakoninya.


Terus persiapan yang tak kalah penting juga adalah perangkat lunak dalam bidang teknologi. Terutama dalam hal ini kebutuhan alat atau media digital, yang bisa dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan nanti. Salah satu contohnya adalah aplikasi-aplikasi yang ada di HP kamu.


Ya dengan semakin majunya teknologi zaman sekarang, beberapa aplikasi di HP bisa dipakai lho buat menunjang ibadah puasa kita. Dan pastinya ini sangat bermanfaat sekali.


Lalu aplikasi apa sajakah yang bisa bermanfaat buat di bulan Ramdhan nanti? Berdasarkan analisa kami, setidaknya inilah 5 diantaranya:


1. Alarm


Yang pertama adalah aplikasi alarm. Jelas aplikasi ini bisa angat bermanfaat sekali buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa. Soalnya alat ini nantinya bisa dipakai buat mengatur jadwal bangun kita saat waktu sahur telah tiba.


Tak hanya itu. Alarm pun bisa kita setting buat jadwal berbuka puasa kita, yang tentunya disesuaikan dengan jadwal waktu berbuka di tempat anda yaitu waktu azan maghrib berkumandang. Ya barangkali saja, suatu ketika anda kebetulan sedang tidak mendengarnya.


2. Al-Qur'an digital


Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan di bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur'an. Tapi sayangnya buat orang yang aktivitasnya sangat padat sekali, kadang ini tak bisa. Jangankan membaca! Bahkan sekedar memegang Al-Qur'annya saja mungkin tak sempat.


Tentu saja itu bukan alasan sebenarnya. Sebab dengan memanfaatkan teknologi canggih di era sekarang ini, kita bisa membaca Al-Qur'an kapan saja dan dimana saja. Caranya? Ya melalui aplikasi Al-Qur'an digital yang saat ini sudah banyak tersedia untuk HP kita.


Pastinya dengan aplikasi Al-Qur'an ini, membuat kita bisa membacanya di sela-sela kesibukan kita. Jadi kita nggak perlu repot-repot lagi membawa atau mengambil Al-Qur'an yang dalam bentuk mushafnya kemanapun.


3. Penghitung zakat


Terus aplikasi ketiga yang mungkin bisa bermanfaat selama bulan Ramadhan adalah aplikasi buat menghitung zakat. Dan zakat ini adalah ibadah wajib selain puasa, yang harus kita tunaikan juga.


Kenapa kita perlu alat ini? Karena besaran zakat yang dikeluarkan oleh setiap orangnya, bisa berbeda. Terutama untuk zakat maal atau zakat harta. Dan alat ini, bisa membantu kita dalam menghitung besaran zakat yang akan kita keluarkan nantinya.


4. Jadwal sholat 5 waktu


Selanjutnya aplikasi yang juga bisa bermanfaat di saat bulan Ramadhan nanti adalah jadwal sholat 5 waktu. Karena dengan aplikasi ini, membuat kita jadi selalu ingat terus akan kewajiban utama kita sebagai umat muslim.


Memang kadang di sekitar kita masih terdengar adzan, yang notabene panggilan resmi buat ibadah sholat. Tapi kan ada kalanya kita sedang berada jauh dari jangkauan suara adzan. So aplikasi ini nantinya bisa jadi solusi buat pengingat kewajiban kita itu.


5. Kalender hijriyah


Dan aplikasi terakhir atau kelima yang juga bisa bermanfaat di saat bulan Ramadhan nanti adalah aplikasi kalender hijriyah. Kenapa kita perlu aplikasi ini? Karena buat mengetahui jadwal hari dan puasa yang kita jalani selama sebulan nanti.


Terus dengan aplikasi ini juga kita bisa mengetahui, kapan saatnya kita Lebaran yang notabene ujung dari bulan Ramadhan. Kan dengan begitu, kita bisa prepare jauh-jauh dalam mempersiapkan hari kemenangan buat umat muslim tersebut.


Itulah setidaknya 5 aplikasi yang bisa bermanfaat di saat bulan Ramadhan nanti. Terutama dalam hal ini, aplikasi yang ada di HP kita. Ayo makanya segera install jika seumpama belum ada. Karena pastinya ini akan sangat bermanfaat banget buat kita.


Oh ya untuk nama aplikasinya bisa anda cari di platform HP kamu pakai. Kalau pakai Android, berarti carinya di Playstore. Sedangkan untuk iPhone, bisa di AppStore.


Oke demikian informasi yang bisa tim TeknoDigiku berikan pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf, apabila ada kesalahan dan atau kekeliruan di dalam tulisan ini.

No comments for "5 Aplikasi Yang Bisa Bermanfaat di Bulan Ramadhan"