Tips Biar HP-mu Nggak Lemot, Meski Punya Banyak Grup di WA

ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by teknodigiku)


Tips Biar HP-mu Nggak Lemot, Meski Punya Banyak Grup di WA 


Pada era sekarang ini, smartphone sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Tentu saja karena fiturnya banyak dan semua itu bisa dipakai untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Bahkan ada beberapa aktivitas yang mengharuskan samrtphonenya on terus setiap saat.


Seperti aplikasi chatting WhatsApp atau WA misalnya, yang tujuannya buat berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Dan memang WA ini aplikasi chatting yang paling banyak dipakai oleh orang-orang. Hal itu dikarenakan fiturnya banyak dan pastinya cara menggunakannya pun mudah.


Sayangnya aplikasi WA ini, dalam keadaan tertentu bisa bikin lemot Hp kita. Ini bisa terjadi, jika sudah terlalu banyak pesan yang masuk ke WA kita, dalam waktu yang bersamaan. Apalagi jika Hp-mu itu kebetulan Hp kentang, yang notabene space penyimpanannya kecil.


Sudah begitu, di dalam WA kita banyak berbagai grup yang kita ikuti. So sudah pasti, itu bisa makin tambah lemot Hp kita. Soalnya pesan yang banyak masuk itu biasanya dari grup WA. Terutama kalau grupnya kebetulan ramai (baca: banyak member di dalamnya).


Nah kalau sudah begini, alamat kamu jadi nggak bisa ikut nimbrung dengan apa yang sedang ramai dibicarakan di grup tersebut. Bahkan sekedar untuk membaca pesan dari teman-teman kamu yang ada di sana sekalipun. Penyebabnya ya itu tadi, Hp-nya keburu lemot oleh karena terlalu kebanyakan pesan yang masuk.


Bethe memang kalau sudah kaya begini. Karena TS dulu pernah mengalaminya. Alih-alih ingin ikut menyimak obrolan dari teman-teman di grup, eh yang ada Hp-nya malah lemot alias susah dibuka. Bahkan aplikasi WA-nya sendiri juga kadang jadi nggak bisa dibuka kalau sudah seperti itu.


ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by zaeabjal17.online)


Lalu kalau sudah begini, bagaimana cara mengatasinya?


Kalau dulu TS, biar nggak lemot dan aplikasi WA bisa lancar dibuka, solusinya adalah dengan mematikan kuota data dulu. Selanjutnya buka aplikasi WA-nya dan lalu setelah itu buka grup-grup yang menampilkan pesan-pesan yang belum terbaca.


Akan tetapi trik ini menurut kami, hanya sesaat saja. Karena ketika kuota data dihidupkan lagi, maka pesan-pesan yang masuk dan apalagi jumlahnya banyak, maka Hp seketika akan lemot lagi.


Lalu adakah solusinya selain dengan cara di atas?


Tentunya ada dong! Bahkan cara yang ini, dijamin nggak bakal bikin kamu ketinggalan lagi obrolan di grup bersama teman-temanmu. Ya karena cara yang ini, nggak ribet. Soalnya kamu nggak perlu bin harus mematikan kuota data terlebih dahulu, sebagaimana pengalaman kami di atas. Bahkan kamu juga nggak perlu clear chat di grup-grup WA kamu.


Penasaran seperti apa dan bagaimana triknya? Yuk disimak sampai habis ya threadnya.


Tips Biar HP Nggak Lemot Meski Punya Banyak Grup WA


Biar Hp-mu nggak lemot oleh sebab kebanyakan grup di WA, maka ada dua caranya. Cara yang pertama adalah dengan mengatur agar media gambar atau video yang dikirim oleh teman-teman kamu, nggak masuk atau tersimpan ke gallery Hp kamu. Dan berikut ini adalah step-stepnya:


1. Buka aplikasi WA

2. Klik nama grupnya

3. Tekan titik 3 di sudut kanan atas

4. Klik info grup

5. Klik tampikan media

6. Pilih "Tidak"

7. Klik "Ok"


Terus cara yang kedua adalah dengan mengatur penggunaan data dan jaringan menjadi kembali seperti semula. Dan berikut ini adalah step-stepnya:

 
1. Buka aplikasi WA

2. Masuk ke setelan

3. Pilih "Penggunaan data"

4. Pilih "Penggunaan jaringan" (di sini akan terlihat berapa Kb yang terpakai)

5. Pilih "Atur Ulang Statistik" (paling bawah)

6. Data akan menjadi 0 Kb


Nah sekarang bagaimana, sudah tahu caranya kan? Yuk dipraktekkan agar supaya Hp-mu selalu on terus, termasuk aplikasi WA yang notabene mungkin sering kamu gunakan setiap saat.


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa tim TeknoDigiku bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat serta mohon maaf apabila ada kesalahan dan atau kekeliruan yang kami buat dalam postingan ini.

No comments for "Tips Biar HP-mu Nggak Lemot, Meski Punya Banyak Grup di WA "