Begini Caranya Mencari Tiket KA Yang Murah Secara Dadakan

ilustrasi gambar oleh iStockphoto (edited by teknodigiku)

Begini Caranya Mencari Tiket KA Yang Murah Secara Dadakan


Akhir-akhir ini, ramai dikeluhkan oleh banyak orang jika harga tiket KA itu sekarang mahal. Terutama KA yang statusnya KA koemrsil. Bahkan tarifnya sudah sama dengan harga tiket di musim peak sesion, seperti Lebaran atau libur hari Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Keadaan itu, tentu saja membuat sebagian diantara kita (terutama golongan menengah ke bawah) berfikir ulang buat bisa naik transportasi umum berbasis rel tersebut. Apalagi KA yang harganya murah (seperti KA Ekonomi PSO misalnya), sudah jarang sekarang.


FYI: KA Ekonomi PSO adalah KA yang tarifnya disubsidi oleh Pemerintah


Tercatat sekarang hanya sekitar 8 KA Ekonomi yang statusnya masih PSO, yang masih beroperasi di perkeretaapian Indonesia, dengan berbagai rute dan tujuan. Sebelumnya (minimal sampai tahun 2019) KA PSO di Indonesia ada kurang lebih 11 KA.


Hal itu dikarenakan ada beberapa KA yang tarifnya sudah nggak disubsidi lagi. Setelah itu statusnya pun berubah; dari KA Ekonomi PSO menjadi KA Ekonomi komersial. Dan akhirnya KA-KA tersebut tarifnya menjadi mahal karena harga tiketnya naik 2x lipat.


Kalau begitu, berarti kita kaum "misqueen" nggak bisa berharap banyak dong buat bisa naik KA? Terutama yang tarifnya murah seperti KA Ekonomi PSO.


Sebenarnya bisa saja sih. Namun kalau bisa harus jauh-jauh hari. Sebab tiket KA yang jenis ini, biasanya sering habis duluan sebelum hari H-nya.


Lalu kalau gitu, nggak bisa dong kita mencarinya secara mepet-mepet? Karena kan kadang kita butuhnya tak bisa diprediksi. Bisa saja dadakan atau tak direncanakan pada jauh-jauh hari.


Tentu saja masih bisa. Karena terkadang suka muncul tiket batalan dari orang lain, meski mungkin jumlahnya nggak banyak. Dan itu bisa anda "manfaatkan", buat mendapatkan tiket yang sedang anda butuhkan pada saat itu.


Oh ya? Sesimpel itukah caranya???


Ya nggak sesederhana itu. Karena anda juga harus sabar dan telaten dalam mencarinya. Selain itu ada faktor keberuntunagn juga buat bisa mendapatkan tiket KA yang harganya murah ini.


Ya singkatnya ada beberapa step-stepnya atau triknya, untuk bisa meraih tiket batalan tersebut. Dan berikut ini adalah step-stepnya:


1. Yang pertama adalah anda harus rajin mengecek atau memantau, di channel-channel tempat penjualan tiket KA online. Tentu saja yang anda harus cek adalah KA dengan rute yang anda inginkan. Untuk situs atau chennelnya, bisa di aplikasi KAI Access (aplikasi resmi PT. KAI Indonesia), atau beberapa aplikasi toko online seperti Tokopedia dan Shopee serta aplikasi Traveloka dan tiket.com.


2. Yang kedua sebelum mengecek atau memantau, usahakan anda dalam keadaan sudah login. Atau setidaknya anda punya history pernah membeli tiket di channel tersebut. Ini penting mengingat hal ini akan memudahkan anda saat pengisian data calon penumpang pada saat sedang reservasi.

 

3. Yang ketiga anda harus terus menerus cek atau pantau secara berkala. Tapi ini bebas waktunya dan tergantung kita sempatnya kapan. Semakin sering kita cek/pantau, maka akan semakin memperbesar peluang kita untuk mendapatkan tiket yang anda inginkan.

 

4. Yang keempat jika seumpama muncul tiket batalan, langsung klik atau booking dan selanjutnya ikuti petunjuk sesuai prosedur di channel yang anda pilih. Kalau bisa, anda harus cekatan alias jangan lelet. Dan jangan juga mikir dulu ini itu. Soalnya takut keburu disambar orang lain

 

5. Yang kelima semakin mendekati tanggal/jadwal untuk tiket yang anda inginkan, biasanya akan sering muncul tiket batalan. Karena itu, di fase ini sering-seringlah anda mengecek atau memantau. Tapi dengan catatan jika anda masih mau tetap menunggu tiket batalan di tanggal/jadwal itu dan posisi kita belum berubah haluan (misalnya tak jadi berangkat, pilih jadwal di tanggal lain atau ganti moda transportasi lain).


Catatan:


- Cara ini berlaku jika anda kebetulan hanya mencari tiket untuk 1-2 orang saja. Jika lebih dari itu, biasanya sulit.

- Cara ini juga berlaku pada saat mau mencari tiket promo. Tapi untuk tiket promo biasanya waktu buat reservasinya terbatas.

- Cara ini juga berlaku buat mencari tiket di kelas lain (eksekutif, bisnis, ekonomi komersial), jika memang anda sedang butuh tiketnya di kelas tersebut.

- Cara ini juga berlaku buat mencari tiket KA yang jadwalnya terbatas dan kebetulan tiketnya sering habis dari jauh-jauh hari.

- Cara ini beberapa kali penulis lakukan dan sebagian besar hasilnya sukses. Jadi trik ini berdasarkan pengalaman pribadi.

 

Kira-kira seperti itulah trik saat akan mencari tiket KA yang harganya murah, namun dalam keadaan mepet atau tidak direncanakan jauh-jauh hari. Semoga trik ini bisa berguna buat anda, terutama bagi anda para pengguna setia transportasi KA yang selama ini mampunya hanya naik di kelas yang itu.


Oke demikian tim TeknoDigiku memberikan informasi untuk anda pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat serta mohon maaf apabila di dalam thread ini, banyak salah-salah kata dan kalimat dalam penyampaiannya.


Keterangan: Sumber asli artikel dari sini, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

No comments for "Begini Caranya Mencari Tiket KA Yang Murah Secara Dadakan"