Manfaat Website Untuk Bisnis

ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by teknodigiku)


Manfaat Website Untuk Bisnis


Sejatinya sebuah website yang dinamis, akan memberikan informasi tentang misi, nilai, sejarah, dan berita terkini kepada para pengunjungnya. Tujuannya adalah untuk mempromosikan produk atau layanannya melalui teknik optimisasi mesin pencari (SEO), yang memang dinilai efektif dalam mengoptimalkan konten dari website tersebut.


Salah satunya adalah pengunjung nantinya akan bisa lebih mudah, dalam menemukan informasi yang relevan tentang produk atau layanan yang diinginkan oleh mereka. Selain itu pengunjung pun bisa langsung menghubungi si pemilik website tersebut (bisa perusahaan atau organisasi), mengenai pertanyaan, keluhan atau saran untuk meningkatkan kualitas layanannya.


Dan memang setiap informasi yang termuat di halaman sebuah website, harus mengikuti pedoman branding perusahaan atau organisasi tersebut. Tujuannya adalah agar semuanya terlihat bagus, kredibel dan profesional.


Kenapa? Karena website yang dirancang dengan baik, akan meningkatkan citra perusahaan di antara konsumen dan memberikan kredibilitas kepada perusahaan atau organisasi. Baik dalam bidang bisnis maupun dalam kehidupan pribadi.


Website sendiri biasanya dibuat buat sebagai alat komunikasi digital untuk informasi dan transaksi kepentingan bisnis. Nantinya ia akan memberikan informasi tentang produk dan layanan kepada pelanggan, dengan maksud mempengaruhi keputusan pembelian mereka.


Selain itu, website juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan kebijakan atau prosedur internal kepada karyawan atau anggota organisasi tersebut. Pun juga bisa digunakan buat sebagai alat penjualan online, dan sekaligus sebagai tempat pengecer dalm mempromosikan produk mereka kepada pelanggan melalui tautan halaman website itu.


Tak hanya itu. Bahkan website juga bisa digunakan oleh agen asuransi, untuk memberikan informasi tentang polis atau skema asuransi kepada para pelanggannya. Tentu saja ini penting. Karena nantinya para pelanggan bisa melihat informasi yang disediakan di situ, sebelum membuat keputusan saat akan membeli produk atau layanan dari perusahaan atau organisasi tersebut.


Intinya website itu adalah platform digital yang memungkinkan terjalinnya komunikasi antara individu, perusahaan atau organisasi, dan juga bisnis. Dan ini adalah alat penting untuk pemasaran, penjualan, dan branding.


Sebuah website biasanya memiliki banyak fungsi dan fitur. Seperti contoh misalnya untuk pendaftaran, pengelolaan akun, message board atau dan lain sebagainya.


Dan umumnya juga, sebuah website ditulis menggunakan HTML, CSS, JavaScript atau bahasa pemrograman lainnya. Setelah itu lalu ia disimpan di dalam sebuah komputer atau perangkat jaringan dan barulah kemudian bisa diakses oleh browser web.


Pada dasarnya, website adalah media komunikasi yang penting digunakan oleh organisasi, perusahaan dan atau individu dalam masyarakat saat ini. Dan konsep kunci dalam pengembangan website adalah aksesibilitas. Yang artinya semua halamannya harus dapat dipahami oleh pengunjung yang menggunakan berbagai browser web atau platform-platform web seperti smartphone dan tablet.


Kenapa? Karena beda perangkat, bisa beda tampilannya. Seperti misalnya untuk smartphone atau tablet, yang biasanya memiliki ukuran tampilan yang lebih kecil daripada komputer atau desktop. Jadi kalau seumpama sebuah website dirancang dengan baik, maka bisa dipastikan akan mudah diuraikan bahkan pada layar kecil sekalipun.


Selain itu, fungsi dari aksesibilitas ini adalah untuk membantu para kaum disabilitas. Seperti contohnya mereka yang tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, atau punya disabilitas motorik dan psikologis. Pun juga orang-orang yang mempunyai gangguan belajar melalui fitur audio, braille, atau taktil seperti teks besar atau tombol besar.


Intinya semua elemen website yang dapat diakses itu harus berfungsi secara konsisten di berbagai platform dan perangkat. Sehingga nantinya masalah aksesibilitas ini, tidak menghalangi upaya pengembangan web yang berhasil pada platform atau konfigurasi perangkat apa pun.


Pada akhirnya, jumlah orang yang menggunakan website telah meningkat selama bertahun-tahun. Dan itu berkat kemajuan teknologi yang memungkinkan siapa pun yang memiliki browser web, untuk bisa mengakses website di seluruh dunia.

No comments for "Manfaat Website Untuk Bisnis"