Ingin Bisnis Startupmu Bisa Bertahan Lama? Coba Lakukan 7 Tips Berikut Ini

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Ingin Bisnis Startupmu Bisa Bertahan Lama? Coba Lakukan 7 Tips Berikut Ini


Pada beberapa waktu yang lalu, kami pernah membahas tentang apa itu bisnis startup dan berikut definisinya. Terus kami juga pernah membahasnya tentang bagaimana cara memulainya bisnis startup, di thread yang ini.


Nah pada kali ini kita akan membahas lagi tentang bisnis startup. Cuma kali ini pembahasannya agak sedikit berbeda. Ya tepatnya kali ini kita akan membahas secara prakteknya. Tentu saja informasi ini akan sangat berguna sekali, terutama bagi anda yang mau terjun di bisnis jenis ini.


Dan pada edisi kali ini, kita akan mengupas tuntas tentang bagaimana caranya agar bisnis startup yang anda bangun bisa bertahan lama. Tentu anda nggak mau dong, usaha anda ini nantinya hanya berkembang sekejap. Atau malah tidak ada perkembangan sama sekali. So maka dari itu, di thread ini akan kami berikan beberapa tipsnya.


ilustrasi gambar oleh iStockphoto (edited by teknodigiku)


Penasaran seperti apa dan bagaimana tipsnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini ya!


1. Mulai dari ide sederhana


Untuk membangun bisnis startup, harus memiliki produk untuk dijual. Tentu saja produk yang dijual jangan mengikuti tren. Apalagi mengikuti tren dari negara lain. Mulailah dari ide sederhana yang kreatif, menarik dan unik.


2. Tentukan tujuan yang jelas


Dalam merintis sebuah usaha, pastinya ada tujuan yang ingin dicapai. Pun begitu juga ketika kita mau memulai bisnis startup. Oleh karena itu, pastikan arah dan tujuannya yang ingin anda bangun di sini. Setelah itu jalankan sesuai dengan tujuan yang anda cita-citakan itu.


3. Tentukan dan analisis target pasar


Sebelum memulainya, ada baiknya identifikasi target pasar yang akan dituju saat akan menjual produk dari bisnis anda tersebut. Hal itu bertujuan untuk mengetahui kondisi masyarakat, khususnya sosial ekonominya. Seperti misalnya apakah mereka mampu atau nggak, mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli produk tersebut.



4. Susun garis waktu untuk tujuan dan target yang ingin dicapai


Nggak mungkin membangun sebuah bisnis startup dengan tanpa tujuan dan target tertentu. Oleh sebab itu, buatlah garis waktu atau timeline. Tujuannya adalah untuk membantu bisnis startup anda saat berproses, dengan penuh terencana serta memiliki tujuan dan target yang harus dicapai.


Selanjutnya ketika tujuan dan target itu sudah dicapai, maka kita bisa mengembangkan bisnis startup ini menjadi lebih besar lagi. Atau setidaknya kita ingin mencapai tujuan lain, yang tentunya kali ini dengan target yang lebih tinggi. Kita tentunya nggak mau dong usaha yang kita rintis ini, stuck di situ-situ terus alias jalan di tempat.


5. Memiliki tim yang kuat dan positif


Sesuatu yang ada di dunia dengan kapasitas besar, pasti butuh orang lain untuk melakukannya. Atau singkatnya, nggak bisa dilakukan dengan sendirian. Pun juga ketika kita mau membangun sebuah bisnis startup, yang bisa jadi butuh dukungan juga dari orang lain.


Ya walaupun mungkin bisa dengan tanpa bantuan orang lain, tapi hasilnya nggak akan maksimal. Oleh karena itu, rekrutlah orang lain untuk terlibat ke dalamnya. Namun kalau bisa orang-orangnya juga harus memiliki visi yang sama, sehingga nantinya tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana


6. Bentuk dan pelihara budaya bisnis perusahaan dari sejak hari pertama


Idealnya, sebuah perusahaan atau bisnis itu harus memiliki budaya yang kuat di dalamnya. Maka dari itu, bentuklah budaya yang terbaik menurut anda. Setelah itu lalu aplikasikan ke semua orang yang terlibat di dalam bisnis startup yang sedang anda bangun tersebut.


Tentu saja poin ini sangat-sangat diperlukan. Soalnya agar nantinya terbentuk karakter yang baik di dalam lingkungan bisnis startup anda. Apalagi kalau budaya itu sudah anda terapkan dari sejak anda memulainya di hari-hari pertama anda merintis usaha ini.


7. Jangan setengah-setengah dalam mengerjakannya


Dalam bisnis nggak boleh melakukannya dengan setengah-setengah. Itu artinya, kita harus benar-benar dan sungguh-sungguh terlibat dalam mengembangkan bisnis startup ini secara konsisten.


Memang dalam prosesnya, pasti akan menemui banyak rintangan. Akan tetapi dengan ketekunan dan konsistensi, maka itu bisa membantu dalam menghadapi rintangan-rintangan tersebut. Dan pada akhirnya, bisnis startup kita pun perlahan akan bergerak maju.


Percayalah! Sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan setengah-setengah, maka nantinya nggak akan memberikan hasil yang diinginkan.


Itulah setidaknya 7 tips biar bisnis startupmu awet dan bertahan lama. Tentu saja harapan itu bisa terwujud, jika anda mempraktekkan semua step-step di atas. Dan kami rasa, tips-tipsnya cukup gampang koq buat dieksekusi nantinya di lapangan.


Oke, selamat mencoba ya..! Semoga bisnis startup yang sedang anda bangun itu, bisa berkembang dan terus berlanjut. Amiin


Keterangan: Artikel asli berasal dari IDNTimes.com, namun dengan beberapa sedikit perubahan.

No comments for "Ingin Bisnis Startupmu Bisa Bertahan Lama? Coba Lakukan 7 Tips Berikut Ini"