7 Cara Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Blogger Pemula

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


7 Cara Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Blogger Pemula


Salah satu tugas utama seorang blogger adalah menulis artikel di blognya. Tentu saja bukan sembarang menulis artikel. Dan juga nggak asal punya ide dan Ilham saja. Setelah itu lalu kita tuang dalam artikel yang mau kita tulis tersebut.


Akan tetapi kalau bisa kita menulis artikel yang benar-benar berkualitas. Dan pastinya sesuai kaidah di dalam dunia blogger atau website pada umumnya.


Lalu apa kriterianya tulisan artikel kita masuk ke dalam kategori itu? Salah satunya adalah artikelnya harus yang SEO Friendly.


Ah elah..! Kita itu hanya seorang blogger pemula. Mana faham yang begituan..?!!!


Tenang mas bro..! Sebelum kami menjelaskan apa itu SEO, anda harus lebih tahu dahulu apa tujuan dan manfaatnya.


Ya tujuan dan atau manfaatnya dari artikel SEO Friendly ini adalah buat mencapai peringkat teratas di mesin pencarian (seperti di Google misalnya). Kan pastinya kamu senang, jika artikel dari blogmu muncul di page one di Google.


SEO sendiri merupakan singkatan dari “Search Engine Optimization”. Atau kalau diartikan dalam bahasa Indonesianya kurang lebih adalah “optimasi di mesin pencarian”. Dan ini penting keberadaannya untuk sebuah website atau blog.


Ya singkatnya SEO ini merupakan bagian dari cara atau upaya dalam mengoptimalkan kinerja blog kita. Dan pastinya para blogger harus faham dengan teknik ini. Utamanya ketika akan membuat sebuah artikel di blognya.


Tentu saja artikelnya yang benar-benar SEO Friendly. Atau dengan kata lain, artikel yang mau kita tulis itu, harus memenuhi unsur SEO ini.


Lalu bagaimana caranya kita para blogger pemula, membuat artikel yang SEO Friendly ini?


Penasaran kan seperti apa dan bagaimana tipsnya? Yuk simak di bawah ini ya dengan seksama dan kalau bisa baca sampai habis bin tuntas..



1. Riset kata kunci atau keyword terlebih dahulu


Yang pertama untuk bisa membuat artikel yang SEO friendly adalah anda harus riset dulu kata kunci atau keywordnya. Kata kunci ini penting, karena lewat itulah nantinya artikel dari website atau blogmu bisa nongol di mesin pencarian..


Tentu saja jangan asal memilih kata kunci. Karena salah-salah, anda memilih kata kunci yang persaingannya sengit dan berat. Dan pastikan juga, kata kuncinya itu harus relevan dengan topik yang ingin anda buat di dalam artikel tersebut..


Oh ya untuk mengetahui cara mencari keyword ini, anda bisa menggunakan SEO Tools gratis. Seperti diantaranya Ubersuggest, KWFinder, atau Google Trends.



2. Memberi judul yang menarik


Terus cara yang kedua adalah dengan memberi judul yang menarik pada artikel itu. Karena dengan begitu, nantinya bisa memantik orang-orang untuk tertarik membacanya..


Selain itu tak lupa juga judul artikel tersebut, harus mengandung kata kunci yang anda pilih sebelumnya. Soalnya biar nanti pengunjung bisa dengan mudah menemukan website atau blogmu di mesin pencarian, lewat kata kunci yang dicarinya..


3. Membuat struktur artikel yang baik


Kemudian cara ketiga dalam membuat artikel yang SEO friendly adalah dengan membuat struktur artikel yang baik. Tujuannya adalah agar kita bisa memilih apa saja yang harus disampaikan, di dalam artikel yang sedang akan kita buat itu..

Tak cuma itu. Dengan struktur artikel yang baik, juga nantinya akan memudahkan pengunjung dalam memahami isi dari artikel tersebut..


Untuk struktur sebuah artikel sendiri, umumnya dibagi menjadi tiga bagian. Yaitu:


a. Pembuka (Prolog). Yang merupakan bagian awal artikel, yang biasanya menjelaskan latar belakang dan tujuan artikel.

b. Isi. Yang merupakan penjelasan dari topik yang dibahas dalam artikel ini.

c. Kesimpulan (Epilog). Yang merupakan bagian penutup, yang biasanya berisi tentang rangkuman atau kesimpulan dari artikel tersebut.


4. Buat tulisan dalam artikel secara jelas dan rinci


Untuk tips yang ke-4 buatlah tulisan dalam artikel di blogmu, dengan secara jelas dan rinci. Ini maksud dan tujuannya adalah biar supaya pengunjung blogmu, faham dan mengerti dengan apa yang disampaikan di dalam artikel tersebut.


Terus hindari juga typo dalam tulisannya, meski hanya satu atau dua huruf saja. Soalnya nanti jadi nggak enak dibacanya. Selain itu pilihlah kata-kata yang tepat atau paling tidak yang sesuai dengan ejaan yang semestinya.


5. Tambahkan gambar buat sebagai ilustrasi


Selanjutnya untuk tips yang kelima tambahkan gambar di dalam artikel itu, buat sebagai ilustrasi. Nggak usah banyak-banyak. Cukup satu atau dua saja, buat sekedar mewakili.


Jangan salah lho! Gambar ilustrasi ini bisa menambah cakep atau keren artikel di blogmu. Apalagi kalau tulisannya ternyata bagus dan bikin menarik bagi banyak orang-orang.


Oh ya kalau bisa gambarnya ini kalian buat sendiri. Atau kalau nggak, kalian cari "bahan dasar"nya di Google atau di situs-situs penyedia gambar gratis. Setelah itu lalu kalian edit dengan sedemikian rupa, hingga akhirnya jadi lebih menarik.


Kalau ada pertanyaan; kenapa kami menyarankan ini? Karena kita seorang blogger juga harus kreatif. Dan dengan kita membuat gambar sendiri atau memodifikasi dari gambar yang telah ada, kita sudah berusaha tampil kreatif, oleh sebab itu berasal dari ide kita sendiri.


6. Artikel tidak terlalu panjang atau pendek


Kemudian untuk tips berikutnya adalah kalau bisa artikelnya jangan terlalu panjang, dan jangan juga dibuat terlalu pendek. Kenapa? Karena khawatir para pengunjung blogmu, sudah keburu bosan membacanya jika artikelnya kepanjangannya. Sedangkan kalau artikelnya terlalu pendek, maka penjelasannya nanti takut nggak lengkap.


Ya dibuat sedang-sedang saja. Atau kalau dikira-kirakan, kurang lebih 500-600 kata dengan batas maksimalnya 1000 kata.


Eh tapi ada yang bilang, katanya kalau dibuat panjang itu jauh lebih bagus? Iya, kalau pembahasan di dalam artikelnya mengharuskan seperti itu. Namun kalau pembahasannya muter-muter, ya percuma. Nanti yang ada para pengunjung blogmu bingung mencernanya.


Lagipula kan bagi para blogger pemula, kebiasaan menulis untuk sebuah artikel itu kan mungkin belum terbiasa. Jadi ya ini sekedar untuk menjaga, hasil kualitas dari secara keseluruhan isi artikel yang sedang kamu tulis tersebut.


7. Sisipkan internal link dan eksternal link


Selanjutnya untuk tips terakhir atau yang ke-7 adalah sisipkan link internal dan eksternal di dalam artikel itu. Link internal ini maksudnya adalah link dari blogmu sendiri. Dan ini bisa dari artikel lain, atau artikel yang setopik dengan yangsedang ditulis tersebut.


Sementara itu untuk link eksternal maksudnya adalah link dari blog lain. Dan ini bisa dari blog kita yang lain (kalau punya lebih dari satu blog), atau blog milik orang lain.


Jangan salah lho! Hal kaya gini ada manfaatnya buat blogmu. Salah satunya adalah untuk link building dengan blog lain. Terlebih jika blog lain itu, reputasinya lebih tinggi dari blog kita. Sedangkan link internal salah satu manfaatnya adalah biar pengunjung jadi makin lama stay di blogmu. Karena barangkali saja link tersebut menarik minat mereka.


Itulah setidaknya 7 cara mudah dalam membuat artikel SEO Friendly bagi blogger pemula. Nah setelah kalian mengetahui ini, kira-kira step yang mana yang telah kalian lakukan sejauh ini? Atau malah belum sama sekali mempraktekkan cara-cara di atas?


Tentunya semua itu kembali lagi ke kamu ya. Karena bagaimana pun, kami cuma sekedar memberi informasi saja. Kalau seumpama berkenan, ya Alhamdulillah. Tapi kalau seumpama nggak, ya tidak apa-apa. Sebab barangkali saja kamu punya cara atau tips lain. Hehe


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa tim TeknoDigiku bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat dan mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau kalimat pada postingan yang kami tulis ini.

No comments for "7 Cara Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Blogger Pemula"