Anti Ribet! Begini Cara Mudah Menampilkan Widget "Recent Posts" Dengan Tanpa Script

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Anti Ribet! Begini Cara Mudah Menampilkan Widget "Recent Posts" Dengan Tanpa Script


Salah satu faktor yang membuat sebuah blog itu menarik adalah tampilan halamannya secara keseluruhan. Tentu saja tampilan ini bukan hanya mencakup soal navigasi dari blog itu sendiri. Tapi juga ada beberapa elemen pendukung, yang membuat blog jadi terlihat kece bin keren.


Dan elemen pendukung itu diantaranya adalah beberapa widget tertentu yang kita bisa pasang sesuai dengan selera kita. Dan widget ini juga biasanya banyak macam dan pilihannya. Sudah gitu semuanya sudah tersedia lagi, di menu dashboard platform blog yang anda pakai. Semisal kalau di blogger.com, anda bisa cari di menu tata letak blog.


Akan tetapi kadang tak semua widget yang kita inginkan ada situ. Karena ada widget tertentu yang memang tak tersedia dari sononya. Contohnya saja untuk widget "recent posts" atau "post terbaru", yang kebetulan tak ada kalau di platform blogger.com.


Bisa sih kita memasangnya, yakni dengan cara memakai pihak ketiga. Dan pihak ketiga ini, biasanya memasangnya dengan memakai kode tertentu. Seperti misalnya memakai script, yang nantinya kita bisa pasang dengan memakai widget HTML.


Lalu adakah cara selain itu? Sebelum kami menjawab, terlebih dahulu kami mau menjelaskan tentang cukup pentingnya widget ini buat blog yang anda kelola.


Ya widget ini cukup penting menurut kami. Salah satu tujuannya adalah buat menginformasikan ke pengunjung blog, kalau kita punya beberapa artikel atau post terbaru. Tentu saja jika artikel itu membuatnya tertarik, maka pasti kelak ia akan membuka dan membacanya. Jadi simpel saja sebenarnya tujuan dari adanya widget ini.


Nah sekarang balik lagi ke pertanyaan sebelumnya; selain dengan memakai script, apakah ada yang lebih mudah dari itu? Oh tentu saja ada dong.


Ya ternyata ada cara yang lebih gampang lagi buat kita bisa menampilkan widget "recent posts" ini di blogmu. Bahkan ini tanpa menggunakan script.


Lho, serius??? Iya dong serius. Masa kami bohong. Sebab kami bicara begini, sudah mempraktekkannya di blog ini, atau blog yang sedang anda baca ini.


Lalu bagaimana caranya?


Mau tahu banget, apa mau tahu aja??? Hehe


Oke, kalau anda memang mau tahu caranya, berikut ini kami beritahukan tentang step-stepnya:


1. Buka menu tata letak di dashboard blogmu

2. Pilih tambahkan gadget di menu yang tersedia





3. Lalu pilih widget Feed





4. Kemudian konfigurasikan URL Feed blogmu di kolom yang tersedia





5. Setelah itu klik lanjutkan




6. Jangan lupa beri nama widget tersebut dengan judul; recent posts atau post terbaru atau kalimat yang semakna dengannya

6. Selanjutnya klik simpan untuk widget yang baru anda buat itu




7. Terakhir klik simpan di menu blognya (bagian kanan bawah)

8. Nnati tampilannya akan seperti ini (lihat yang sebelah kanan)






Keterangan:


- Cara ini kami praktekkan di platform blogger.com. Sedang untuk cara di platform blog yang lain, kami kurang tahu.


- Untuk jumlah entri post yang mau ditampilkan, bisa disesuaikan jumlahnya (lihat keterangan di bawah kolom URL Feed)


- Sedangkan untuk URL Feed-nya, bisa dikonfigurasikan seperti contoh di bawah ini

https://www.zaeabjal17.online/feeds/posts/default

 

FYI: untuk tulisan yang berwarna merah, bisa anda ganti dengan URL blog anda sendiri


- URL Feed ini juga bisa anda pakai buat menampikan situs blog lain


Itulah cara mudah buat menampilkan widget "recent posts" atau pos terbaru di blog anda, dengan tanpa menggunakan script. Gampang kan caranya? Yok ah digaskeun segera. Soalnya biar blogmu makin kece bin keren tampilannya.


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat ya. Dan tak lupa mohon dimaafkan jika sekiaranya ada kesalahan dan atau kekeliruan atas apa yang kami sampaikan dalam thread ini.

No comments for "Anti Ribet! Begini Cara Mudah Menampilkan Widget "Recent Posts" Dengan Tanpa Script"