Hai Para Blogger! Inilah Ujian Yang Akan Kamu Hadapi Dalam Menekuni Dunia Ini

ilustrasi gambar oleh iStockphoto (edited by teknodigiku)



Eksis menjadi seorang blogger dan terus konsisten, memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau kita niat ingin benar-benar serius di dunia ini. Kenapa? Sebab banyak cobaan atau ujian yang akan kita hadapi, selama dalam masa proses menuju ke sana.


Tentu rintangan bin halangan tersebut mestinya tak membuat kita patah semangat. Sebaliknya justru membuat kita harus lebih termotivasi lagi, yang salah satunya dengan cara berusaha lebih baik lagi. Terutama dalam memperbaiki apa saja kekurangan dan atau kesalahan kita selama ini.


Tapi ya kalau ngomong mah gampang. Karena pada prakteknya, terkadang susah banget buat diterapkan. Ini beneran lho. Soalnya penulis juga pernah beberapa kali mengalami di fase seperti itu. Dan akibat dari itu, saya pun sempat merasa malas ngeblog lagi.


Memang seperti apa sih ujian yang pernah saya hadapi, selama menggeluti dunia blogging ini? Banyak. Bahkan seperti tak berhenti-hentinya datang silih berganti.


*Duh, seperti dalam menjalani kehidupan saja ya..xixi


Ini bukan saya lebay lho, atau melebih-lebihkan. Karena memang faktanya begitu. Dan saya rasa, para blogger lain juga pasti pernah mengalaminya. Bahkan mungkin penyebabnya sama. Atau ujian yang kita hadapi tak jauh berbeda, dengan apa yang pernah saya alami.


Singkatnya jika kamu seorang blogger, maka kemungkinan kamu akan menghadapi beberapa ujian tersebut sebagaimana saya juga. Dan pastinya ini bisa bikin kamu down pada saat itu.


ilustrasi gambar oleh iStockphoto (edited by teknodigiku)


Lalu sebenarnya ujian yang akan dihadapi oleh seorang blogger itu apa saja sih? Berkaca dari pengalaman pribadi, setidaknya inilah delapan diantaranya:



1. Blog ditolak terus oleh Google AdSense


Ujian yang pertama adalah ketika blog kamu sering ditolak oleh Google AdSense. Ini nyata lho banyak dialami oleh para blogger. Terutama bagi mereka yang berharap banget blognya dapat penghasilan dari jaringan iklan terbesar di dunia itu.


Penulis juga pernah mengalami di fase ini, yakni saat blog zaeabjal17.com tak kunjung diterima oleh Google AdSense. Dan jujur itu sempat membuat patah semangat, meski pada akhirnya diterima juga walau harus menunggu selama kurang lebih setahun.


2. Kena Pembatasan Iklan oleh Google AdSense


Eits, jangan salah! Ketika blog kamu sudah diterima Google AdSense, maka perjuanganmu untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari sana, tidaklah semudah membalikkan telapk tangan. Karena kadang di sana pun ada ujian juga. Salah satunya adalah ketika dapat teguran dari mereka, yakni kena pembatasan iklan oleh sebab kita dianggap bermain curang.


Kenapa ini disebut ujian juga? Karena dengan adanya teguran ini, membuat penayangan iklan di blog mereka dihentikan sementara. Dan akibat dari itu, maka akan membuat pendapatanmu dari Google AdSense tersendat dalam beberapa waktu. Saya rasa hampir semua blogger pernah kena teguran ini, terkhusus bagi blognya sudah diterima Google AdSense.


3. Akun Google AdSense disuspen selama 30 hari


Untuk ujian yang ketiga juga sama, yakni datangnya dari Google AdSense. Tapi kali ini akun kamu disuspen selama 30 hari. Dan penyebabnya juga sama; kamu dianggap bermain curang oleh mereka. Yang membedakan adalah tinggat pelanggarannya. Jika di poin kedua pelanggarannya dianggap ringan, maka untuk poin yang ketiga ini dianggap berat.


Penulis pernah mengalami ujian ini, terutama dulu pas awal-awal serius ngeblog. Tapi pada saat itu TS belum faham dan mengerti, bagaimana cara kerjanya Google AdSense ini untuk blog kita.


Oh ya akun disuspen 30 hari itu maksudnya akun Google AdSense kita akan ditangguhkan selama itu. Dan selama masa itu juga, iklan tidak tayang di blog kita.


4. Akun Google AdSense dibanned


Nah ini nih, ujian yang paling berat dialami oleh para blogger; akun Google AdSense dibanned atau ditutup permanen. Ini bisa terjadi karena kamu dianggap melakukan pelanggaran yang super berat oleh mereka. Atau singkatnya, kamu dianggap melanggar rules dan kebijakannya Google AdSense.


Sebenarnya poin 2, 3 dan 4 ini saling terkait. Dan itu merupakan bagian dari punishment untuk kita para blogger, yang dianggap tidak mematuhi terms of servicenya Google AdSense.


Dan saya pribadi juga pernah mengalami ujian ini. Jujur lho, berat rasanya menerima kenyataan itu. Bahkan saking tidak ikhlasnya pada saat itu, saya sampai absen ngeblog sampai beberapa bulan.


5. Domain tiba-tiba bermasalah


Kemudian ujian berikutnya atau yang nomor 5 adalah domain blog yang kita punya bermasalah. Dan karena bermasalah, maka blog yang kita punya itu akhirnya jadi tak bisa diakses. Ini beneran lho pernah terjadi sama penulis. Bahkan sampai 3x kejadiannya.


Lalu kalau sudah begitu, harus bagaimana? Ya terpaksa harus ganti domain lagi dan itu membuat blog kita jadi harus ganti alamat lagi.


Masalah selesai? Oh belum gaess! Karena kalau harus ganti alamat domain lagi, maka kita harus seperti setting blog kita dari awal lagi. Termasuk juga kita harus mengajukan ulang lagi ke Google AdSense, meski di alamat domain sebelumnya sudah diapprove.


Oh ya maslaah ini bisa terjadi karena domain tersebut tadinya kita beli dari tempat yang ilegal. Dan jujur kesalahan yang pernah saya ini (sampai bisa 3x kejadian), karena memang saya belinya di tempat yang tidak resmi.



6. Blog dikunci oleh Googgle


Ujian berikutnya bagi seorang blogger adalah blog kamu dikunci oleh Google. Kalau yang ini biasanya terjadi kepada blogger yang blognya memakai platform blogger.com, yang kebetulan punyanya Mbah Google. Terlebih lagi bagi yang masih pakai gratisan alias blogspot.


Lalu kenapa si Mbah bisa mengunci blog kita? Dan apa alasan utamanya?


Kalau yang pernah penulis alami sih, biasanya karena blog kita dianggap melanggar rules yang sudah mereka tetapkan di sana. Atau bisa juga karena ada yang melaporkan, oleh sebab postingan-postingannya banyak mengandung hal-hal yang sensitif dan kontroversial.


Memang kalau yang ini kita bisa mengajukan banding. Dan blog kita bisa dibalikkan, kalau seumpama bandingnya diterima. Masalahnya kalau bandingnya ditolak? Ya alamat kita harus membuat dan membangun lagi blog yang baru. Tentu capek dan makan waktu serta tentu saja harus memulainya lagi semuanya dari nol.


7. Jumlah pengunjung turun drastis


Terus ujian selanjutnya bagi seorang blogger adalah ketika jumlah visitor atau pengunjung blogmu turun drastis. Padahal sebelum-sebelumnya selalu bagus.


Jujur, ini juga kadang bisa membuat seorang blogger down. Soalnya dengan begitu jadi ada semacam penurunan value dari blog kita.


Meski demikian kalau masalah yang ini bisa kita atasi. Salah satunya adalah dengan cara mencari traffic instan, yang sudah pernah admint bahas pada postingan sebelumnya di blog ini.


8. Laptop rusak


Dan ujian terakhir bagi seorang blogger adalah ketika laptop yang biasa kita pakai buat "mengurus" blog kita, tiba-tiba rusak. Tentu bukan tanpa alasan jika ini bukanlah sebuah masalah yang besar bagi seorang blogger. Karena dengan perangkat itulah, kita bisa dengan mudah dalam memanage blog yang kita miliki hingga akhirnya menjadi berkembang.


Memang lewat Hp juga bisa, kalau seumpama laptop lagi nggak bisa. Tapi kalau via Hp nggak maksimal. Lagipula ada beberapa hal yang memang tidak bisa dilakukan di perangkat tersebut.


Penulis juga pernah beberapa kali mengalami hal kaya gini. Akibatnya dalam beberapa waktu, blognya sempat nggak diurus, termasuk buat update postingan yang baru.


Itulah setidaknya 8 ujian yang akn dihadapi oleh seorang blogger. Nah kalau kamu seorang blogger juga, ujian mana yang pernah kamu alami? Dan apakah itu membuat kami "kena mental" dan lalu seketika menjadi down?


Semoga nggak ya. Karena setiap profesi atau pekerjaan itu pasti ada rintangan dan halangannya, yang membuat kita harus tetap semangat dalam menjalaninya.


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa kami bagi pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat ya dan mohon maaf jika ada salah-salah kata atau kalimat di dalmnya.

3 comments for "Hai Para Blogger! Inilah Ujian Yang Akan Kamu Hadapi Dalam Menekuni Dunia Ini"

  1. Waduh, memang perjuangan banget ya mengembangkan blog. Saya sudah tiga bulanan ditolak adsense. Bersyukur sekarang sudah lolos dan sekarang masih konsisten memposting. Semangat buat kita!

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, turut senang mendengarnya. semoga konsisten ya kawan..

      Delete
  2. duh maas, saya blog pernah hilang 2 mingguan tanpa kabar tanpa pemberitahuan email....

    ReplyDelete

Post a Comment