Ingin Blogmu Diterima Google AdSense? Lakukan 12 Tips Mudah Berikut Ini

ilustrasi gambar oleh istockphoto.com (edited by teknodigiku)


Ingin Blogmu Diterima Google AdSense? Lakukan 12 Tips Mudah Berikut Ini


Sampai dengan saat ini, diterima di Google AdSense masih menjadi keinginan yang terbesar buat sebagian para blogger. Utamanya bagi mereka para pemula dan apalagi yang tujuan ngeblognya untuk mencari cuan (walau mungkin nggak dijadikan sebagai profesi utama).


Tentu saja keinginan itu bukan sekedar muluk-muluk belaka. Sebab lewat jaringan periklanan terbesar di dunia itu, kelak seorang blogger bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.


Hanya memang masalahnya untuk bisa diterima di sana itu terkadang susah. Bahkan mungkin butuh perjuangan yang cukup keras. Nggak cuma sekedar kita bisa menulis sebuah artikel di blog, kemudian dipublish dan lalu postingannya bisa menarik banyak orang untuk dibaca.


Meski demikian sulit bukan berarti nggak ada celahnya. Karena pasti ada cara-cara yang jitu untuk sebuah blog biar bisa diterima di Google AdSense. Bahkan mungkin prosesnya mudah dan cepat.


Lho memangnya bisa begitu? Tentu saja bisa. Ya setidaknya ini pengalaman yang pernah kami alami sejauh ini. Dan blog yang sedang anda baca ini, termasuk diantaranya yang mendapatkan kemudahan ketika diterima di Google AdSense.


Tips Agar Blogmu Cepat Diterima di Google AdSense


ilustrasi gambar oleh istockphoto.com (edited by teknodigiku)


Lalu bagaimana caranya agar blog yang kita kelola, bisa diterima di sana dengan tanpa proses yang panjang? Nah berdasarkan pengalaman kami itu, setidaknya inilah 12 tipsnya:


1. Blognya milik sendiri


Yang pertama adalah blognya milik sendiri. Milik sendiri di sini maksudnya adalah blognya tadinya kita yang buat dan kemudian kita kelola sendiri. Terus blognya terserah mau yang masih blogspot (blog gratisan dari platform blogger.com) atau yang sudah custom domain (pakai akhiran com, net, id atau dan semacamnya).


2. Sudah ada artikelnya dan terindeks


Yang kedua blog sudah ada artikelnya. Ya paling tidak minimalnya ada 5-7 buah artikel. Namun jika sudah lebih banyak dari itu, tentu kebih baik. Selain itu kalau bisa semua artikelnya sudah dalam keadaan terindeks di Google (melalui GSC).


3. Artikel buatan sendiri


Untuk tips yang ketiga adalah artikelnya buatan sendiri. Atau dengan kata lain, itu hasil dari tulisan dan ide kita sendiri.


Lalu kalau hasil dari tulisan copas atau salinan bagaimana? Apa boleh?


Boleh saja, tapi usahakan dibikin berbeda dari artikel aslinya. Salah satunya adalah dengan ada penambahan kata-kata atau kalimat di dalamnya serta tak lupa cantumkan sumber aslinya atau penulis asli artikel tersebut.


4. Artikel tidak perlu dibuat panjang


Untuk tips yang keempat artikelnya tidak perlu dibuat panjang-panjang. Ya diperkirakan saja dengan rata-rata jumlahnya 500 karakter atau lebih sedikit.


Kenapa kami menyarankan ini? Karena yang terpenting itu tulisannya rapih, tidak ada typo dan enak dibaca. Apalagi kalau kebetulan topik artikelnya sangat menarik bagi banyak orang.


5. Tampilan blog enak dilihat


Untuk tips selanjutnya adalah tampilan blog harus enak dilihat. Baik dari atas sampai ke bawah dan atau secara keseluruhan. Selain itu jangan lupa tombol navigasinya di perhatikan, dengan cara menaruhnya di tempat yang strategis.


6. Sudah ada halaman pendukung


Salah satu syarat mutlaq (meski mungkin tidak secara tertulis) untuk sebuah blog biar bisa diterima di Google AdSense adalah adanya halaman pendukung. Seperti misalnya About, Contact, Sitemap, Privacy Policy atau dan semacamnya.


Kenapa elemen ini harus ada dalam sebuah blog? Karena itu menandakan blog kita seperti digarap secara profesional atau serius. Jadi halaman-halaman pendukung ini, memang harus ada jika seumpama mau diajukan ke sana.


7. Di dalam setiap artikel ada gambarnya


Untuk tips yang ke-7, masih berhubungan dengan artikel di blog. Ya kalau bisa dalam setiap artikelnya, ada gambar pendukung buat sekedar ilustrasi dengan jumlah minimal 1 buah. Dan kalau bisa, gambarnya buatan sendiri atau hasil kreasi sendiri.


Menurut kami, poin ini penting juga. Sebab dengan begitu, artikel di blog kita jadi tambah cantik dan menarik. Bukan cuma sekedar isi tulisan doang.


8. Blog sudah dalam keadaan terdaftar di GSC (Google Search Console) dan GA (Google Analytic)


Untuk tips selanjutnya ialah blogmu sudah dalam keadaan terdaftar di GSC (Google Search Console) dan GA (Google Analytic). Poin ini sangat penting buat para pengelola blog. Soalnya salah satu tujuannya GSC adalah buat mengindex artikel kita di mesin pencarian Google. Sementara fungsi dari GA adalah untuk mengetahui data pengunjung blog kita dari waktu ke waktu.


9. Blog sudah ada pengunjungnya


Kemudian untuk tips yang ke-9 adalah blogmu sudah ada pengunjungnya dan kalau bisa hasil dari organik (hasil pencarian dari Google). Ya nggak harus banyak sih. Yang penting ada walau cuma sekedar belasan atau puluhan jumlahnya.


10. Buat akun Google AdSense untuk mendaftarkannya


Nah ini poin yang paling penting jika ingin blog kita diterima di Google AdSense, yakni anda harus buat akunnya jika memang kebetulan belum punya. Sedangkan jika sudah punya, tinggal add site di dashboard akun Google AdSense anda.


11. Jangan pasang iklan lain dulu


Jika benar-benar berharap diterima Google AdSense, jangan pasang iklan lain dulu atau pasang iklan dari jaringan lain (selain Google AdSense tentunya). Apalagi iklannya itu sangat mengganggu pengunjung blog anda.


Kenapa kami menyarankan ini? Karena takutnya itu bakal mempengaruhi dari pihak mereka dalam menyetujui diterima atau nggaknya blog kita di sana.


12. Jangan utak atik blog anda


Dan untuk tips yang terakhir atau yang ke-12 adalah jangan pernah utak atik blog anda, selama dalam masa pengajuan Terkecuali untuk tujuan update atau edit artikel.


Anda tahu, kenapa tips ini harus ada? Sebab kalau diutak atik gitu, kesannya blog kita masih dalam tahap pengembangan. Dan itu bisa mempengaruhi penilaian di mata tim Google AdSense.


Itulah 12 tips untuk sebuah blog, bisa diterima di Google AdSense. Gampang kan step-stepnya. Eh tapi apakah ini ampuh? Dan apakah ketika kita sudah mempraktekkan sebagaimana cara-cara di atas, prosesnya bisa mudah dan cepat?


Ya dicoba saja dulu, kalau memang seumpama blognya sudah memenuhi poin-poin yang sudah kami sebutkan di atas. Karena ini juga berdasarkan pengalaman kami selama ini. Termasuk blog ini, yang mana prosesnya cepat dan mudah ketika diterima di sana.


Oh ya, serius??? Iya benar. Bayangkan! Ketika itu blognya baru umur sebulan dan artikelnya pun baru punya 7 buah. Terus untuk jumlah pengunjungnya pun, baru sedikit (mungkin baru puluhan saja).


Akan tetapi "ajaibnya", blog ini bisa diterima di Google AdSense. Bahkan dengan tanpa ada surat penolakan sama sekali. Dan itu cuma direview 2-3 hari doang lho, dari semenjak diajukan, hingga sampai ada pemberitahuan diapprove.


notifikasi email tentang diterimanya blog ini di Goolge AdSense (sumber: dokumen pribadi)


FYI: blog yang dimaksud, sekarang sudah bermetamorfosa menjadi blog "teknodigiku.blogspot.com"..dan sampai dengan saat ini, masih belum diterima kembali di Google AdSense


Nah makanya itu, sebenarnya mudah saja koq sebuah blog buat bisa diterima di sana. Asalkan kita tahu celah atau triknya, pasti nggak akan sulit.


Akan tetapi memang beda orang, terkadang beda nasib. Karena ada pameo, kalau diterima di Google AdSense itu terkadang untung-untungan. Jadi mudah buat kami, belum tentu juga mudah buat para blogger lain.


Tapi sekali lagi, apa salahnya untuk mencoba? Karena mana tahu nasib anda seperti blog kami juga, yang perjuangannya tanpa perlu "memeras keringat" buat bisa diterima di sana. Hehe


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya serta mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan di dalamnya.

5 comments for "Ingin Blogmu Diterima Google AdSense? Lakukan 12 Tips Mudah Berikut Ini"

  1. mudah-mudahan blog saya juga bisa seperti ini, amin.

    ReplyDelete
  2. Tips yang variatif dalam berburu persetujuan adsense 😁

    ReplyDelete
  3. Aku dulu pernah cobain ajukan adsense dan ditolak. Seja itu ga pernah lagi mengajukan, padahal tulisan juga cukup banyak dan sepertinya faktor luckyy juga ya

    ReplyDelete

Post a Comment