Begini Cara Mudah Upgrade VGA Laptop

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Begini Cara Mudah Upgrade VGA Laptop


VGA atau Video Graphic Array adalah salah satu komponen penting dalam sebuah laptop ataupun PC. Itu karena peranannya dalam membantu setiap pemrosesan informasi grafis atau data yang ada di perangkat tersebut.


Dan letak komponen ini, berbeda antara di laptop maupun di PC. Jika VGA di PC ditempatkan pada slot khusus, terus dengan mudah bisa diupgrade atau dilepas dan lalu dipasang kembali. Sedangkan jika VGA di laptop, menempel permanen pada motherboard atau mainboard.


Tentu karena posisinya yang paten itu, membuat para pengguna laptop sering kesulitan untuk melepas dan memasang kembali komponen VGA ini. Atau jikapun ingin melakukan upgrade, maka diperlukan keahlian dan alat khusus untuk membongkar motherboardnya.

Lalu kalau sudah begitu, nggak bisa diotak atik dong VGA di laptop? Oh tentu saja masih bisa. Karena ada cara upgrade VGA laptop yang mudah tanpa harus membongkar motherboardnya terlebih dahulu.


Penasaran seperti apa dan bagaimana caranya? Yuk simak informasinya di bawah ini ya.


Fungsi VGA


Sebelum kita membahas cara upgrade VGA laptop, anda harus tahu dulu apa saja fungsi dari VGA ini. Tapi secara umum, fungsi VGA ini adalah untuk menampilkan gambar ke display di monitor. Sedangkan fungsi lainnya adalah sebagai berikut:


1. Menerjemahkan output laptop ke monitor.

2. Mengubah sinyal digital pada laptop menjadi tampilan grafis di layar monitor.

3. Menyimpan data dari hardisk.

4. Menyuplai informasi atau data untuk processor yang akan diproses.

5. Menggambar, main game, atau design graphic ataupun untuk bermain game.

6. Membuat gambar dengan kualitas bagus.

7. Memproses semua grafis yang akan ditampilkan di layar monitor.


ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Tips Memilih VGA Untuk Laptop


Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya di atas, bahwa VGA ini berperan penting dalam pemrosesan setiap data grafis di laptop. Karena salah satu fungsinya adalah untuk menampilkan gambar pada layar monitor.


Tentu agar kinerjanya berjalan optimal, maka perlu pemilihan software yang tepat. Soalnya jika kita salah pilih VGA, maka akan membuat kita tidak nyaman. Bahkan bukan tak mungkin ini bisa menghambat pekerjaan kita saat menggunakan laptop. Dan software untuk VGA yang paling banyak digunakan ialah Nvidia dan ATI Radeon.


Pemilihan VGA juga disesuaikan dengan spesifikasi laptop. Karena saat memilih laptop dengan spesifikasi tertentu, maka kemampuan VGA-nya tidak akan bisa ditambahkan ataupun dikurangi.


Jadi pentingnya dalam pemilihan VGA untuk laptop ini adalah karena komponen tersebut sangatlah berperan penting dalam menjaga dan menampilkan visual di monitor agar lebih baik. Selain itu jika VGA berjalan dengan baik, maka laptop dan monitor juga akan lebih tahan lama serta tentu saja performanya pun akan berjalan baik.


Cara Upgrade VGA Laptop


Untuk bisa upgrade VGA laptop diperlukan adanya VGA eksternal. Karena VGA eksternal ini bisa jadi solusi tepat buat anda yang  ingin upgrade VGA di laptop dengan hemat budget.


Dan bagi anda yang punya laptop dengan spek intel core i5 serta RAM sebesar 8GB, anda dapat pasang alat ViDock Nano, yakni VGA eksternal dengan harga sekitar Rp8,4 jutaan.


Kenapa kami merekomendasikan ini? Karena VGA ini dilengkapi dengan VGA card eksternal layaknya PC besutan  MSI GeForce GTX 660 dan juga power supply 200 watt. Selain itu anda dapat hubungkan VGA eksternal Vidock Nano ke laptop dan juga layar monitor sebagai output dari ViDock Nano.


Jenis-jenis VGA


Nah terkait VGA ini, berikut ini beberapa jenisnya yang harus anda ketahui:


1. Nvidia 1080 Max Q


VGA laptop Nvidia 1080 Max Q dibuat untuk laptop tipe gaming atau non gaming, dengan ukuran yang tipis dan ringan. Untuk kinerjanya sendiri, Nvidia GTX 1080 Max Q memiliki kinerja di bawah GTX 1080 reguler. Pun begitu juga dalam kecepatannya.


2. Nvidia GTX 1080


Nvidia GTX 1080 dirancang dengan arsitektur Pascal, memori 256-bit, 2560 CUDA cores dan memori GDDR5X 8 GB. Sedangkan untuk kinerjanya, jenis VGA ini cenderung lemah. Walaupun begitu dari segi kecepatan, masih di atas Nvidia GTX 1070 dan GTX 980 SLI. Jadi kita masih bisa mengandalkannya untuk mengolah grafis 4K atau VR tanpa hambatan.


3. Nvidia MX150


Jenis VGA yang satu ini dirancang khusus untuk laptop, dengan menggunakan teknologi arsitektur Pascal yang berdasarkan chip GP108. Jadi laptop dengan VGA ini, bisa dimainkan untuk macam-macam game casual.


Selain itu, game modern dengan teknologi tinggi pun bisa kita mainkan. Namun dengan catatan memakai pengaturan serta resolusi yang paling rendah. Seperti misalnya pada game Assassin's Creed Origins, yang kita mainkan dengan pengaturan 1280 x 720 piksel.


4. AMD Radeon RX 560X


VGA laptop yang satu ini merupakan kelas menengah. VGA AMD pertama kali ditanam di laptop gaming Lenovo Legion Y520 pada ajang CES 2017 di Las Vegas. Performanya tidak jauh beda bila dibandingkan dengan versi desktop.  Kamu dapat memakainya untuk main game dengan grafis yang cukup mumpuni, misalnya Far Cry.


5. Intel UHD 620 (GT2)


VGA ini adalah VGA dengan kartu grafis yang terintegrasi dalam bermacam prosesor ultra low voltage (ULV) seperti dipakai di Intel generasi 8. Namun jika dibandingkan dengan unit serupa yang rilis pada 2016, perbedaannya hanya pada nama yang diganti dari HD menjadi UHD.


Selain itu kecepatan dalam pemrosesannya juga naik 100 MHz. Dan ini yang membuat ia bisa bekerja dengan daya rendah. Untuk kinerjanya sendiri, bervariasi dan itu tergantung dari beberapa faktor. Seperti misalnya kecepatan clock maksimum unit tersebut, L3 cache, dan konfigurasi memori (DDR3 atau DDR4).


Itulah cara mudah mengganti VGA laptop dengan tanpa ribet plus jenis-jenis VGA-nya yang bisa anda pilih. Tapi tentunya untuk jenis-jenis pilihannya ini, harus disesuaikan dengan spesifikasi laptop yang anda punya ya.


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa kami sampaikan pada hari ini. Semoga bisa bermanfaat serta mohon maaf jika seumpama ada kesalahan dan atau kekeliruan pada apa yang kami tulis di atas.

2 comments for "Begini Cara Mudah Upgrade VGA Laptop"

  1. mahal juga ya harganya, VGA ku cuman 1gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah.. hehe

      tapi kalau sya sih, mending beli perangkat baru meskipun misalnya cuma bekas.. wkwk

      Delete

Post a Comment