Sejarah dan Perkembangan Bisnis Belajar Online

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Sejarah dan Perkembangan Bisnis Belajar Online


Pendidikan adalah kunci kemajuan suatu negara. Karena itu penting bagi kita buat mencarinya meski dengan segala cara apapun. Tentu salah satu caranya bukan hanya dengan melalui buku teks saja atau dan semacamnya. Sebab cara ini sudah dianggap kuno dan ketinggalan zaman.


Lalu harus dengan cara apa agar kita dapat mengenyam pendidikan yang sesuai dengan arus kekinian?


Ya pada saat ini, pendidikan tersedia bagi siapa saja dan terutama yang memiliki akses ke internet. Oleh karena itu, ini memungkinkan untuk kita belajar dengan menggunakan sistem online. Dan pembelajaran online ini telah menjadi alternatif yang populer untuk metode pembelajaran konvensional, karena dianggap lebih fleksibel dan nyaman.


Banyak perusahaan sekarang yang menawarkan layanan bimbingan belajar online untuk bersaing dengan sistem belajar yang konvensional. Bahkan beberapa perusahaan terkenal juga sudah memulai layanan bisnis ini. Seperti misalnya TutorVista, TutorCircle, TutorHelpCenter dan TutorHQ.


Dan perusahaan-perusahaan ini menawarkan berbagai pilihan pembayaran. Termasuk biaya bulanan, tarif per jam dan tarif tetap untuk setiap tugas yang diselartikelkan oleh siswa mereka. Terus si klien juga dapat berinteraksi dengan tutor mereka, baik melalui platform obrolan teks atau video seperti Skype atau FaceTime serta melalui korespondensi email.


Selain itu, beberapa layanan bimbingan belajar online juga memiliki fitur offline chat. Sehingga dengan begitu siswa dapat bertemu langsung dengan gurunya tanpa menggunakan sumber teknologi seperti komputer atau handphone terlebih dahulu.


Meski demikian buat para pemakai jasa ini, penting juga untuk mengetahui apakah metode pembayarannya sama seperti yang disebutkan sebelumnya. Soalnya dengan begitu mereka bisa membandingkan harga antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya, dengan cukup mudah.


Dengan bantuan dunia internet, sistem pembelajaran online ini memang seperti telah merevolusi. Karena keuntungan utamanya adalah dapat diakses 24 jam sehari melalui perangkat apa pun. Selain itu siswa juga jadi bisabelajar dengan kecepatan mereka sendiri, dengan tanpa gangguan dari seorang instruktur atau guru.


Terus manfaat lainnya dari sistem pembelajaran online adalah mengurangi stres pada siswa. Karena mereka tidak perlu lagi menunggu seorang instruktur atau guru serta memungkinkan bagi siswa untuk menerima perhatian secara individu oleh tutornya, melalui obrolan video atau korespondensi email.


Tak cuma itu. Layanan seperti ini juga nyata-nyata lebih murah daripada les tradisional. Sebab tidak memerlukan seorang instruktur atau guruuntuk menjalankannya. Maka dari itu, banyak perusahaan sekarang yang membuka atau menawarkan jasa les online ini, sebagai cara menghasilkan uang di lingkungan yang kompetitif ini.


Akan tetapi meski sistem belajar atau les online ini semakin diminati di era kekinian, namun sistem belajar dengan cara konvensional masih terus eksis dan tetap populer di masyarakat. Ini karena berkaitan dengan lembaga-lembaga pendidikan formal yang sudah baku, seperti SD, SMP, SMU/SMK dan perguruan tinggi atau universitas.


Intinya sistem pendidikan sekarang, semakin mudah diakses oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun. Ini karena adanya metode pembelajaran online atau belajar dengan memakai basis internet. Tentu kemudahan ini bisa difahami, oleh sebab sifatnya yang.fleksibel, gampang diakses dan tidak membutuhkan tempat yang khusus.

No comments for "Sejarah dan Perkembangan Bisnis Belajar Online"