Apa Itu Aplikasi Komputer? Berikut Ini Definisi dan Penjelasannya

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)

Apa Itu Aplikasi Komputer? Berikut Ini Definisi dan Penjelasannya


Di era modern seperti sekarang ini, peranan aplikasi komputer sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena aplikasi ini sering ditemukan dalam berbagai bidang. Contoh misalnya di bidang pendidikan, bisnis, hiburan dan sebagainya.


Tentu dengan adanya alat itu, bisa membantu dan mempermudah dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan. Selain itu ia juga bisa membuat kita menghemat waktu agar menjadi lebih efisien. Sebab alat tersebut memang dibuat praktis dalam penggunaannya.


Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan komputer? Berikut ini adalah penjelasannya.


Pengertian Aplikasi Komputer


Aplikasi Komputer adalah suatu perangkat lunak (software) pada program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman, yang fungsinya untuk melakukan perintah sesuai dengan keinginan dari pembuat aplikasi. Sedangkan orang yang membuat aplikasinya disebut sebagai programmer.


Aplikasi komputer juga bisa diartikan sebagai sebuah perangkat lunak dengan basis komputer untuk dapat membantu melakukan tugas yang diinginkan penggunanya. Dan biasanya dalam aplikasi ini, terdapat program pengolah data kata, data media, dan data lembar kerja.


Aplikasi komputer dirancang untuk memudahkan pengguna dalam setiap mengerjakan sesuatu. Seperti misalnya untuk mengolah dan membuat sebuah data, melakukan editing video, foto, dan suara atau dan semacamnya.


Tentu dengan banyaknya manfaat dari alat ini, membuat ia banyak digunakan dalam berbagai bidang. Dan pastinya peranannya sangat penting, sesuai dengan fungsi dan tujuannya masing-masing. Sebut saja misalnya dalam bidang kesehatan, pendidikan, bisnis, pengetahuan dan militer.


Fungsi Aplikasi Komputer


Adapun fungsi dari aplikasi komputer bisa bermacam-macam. Dan ini tergantung bidangnya. Seperti misalnya dalam bidang berikut ini:


1. Bidang Pengetahuan


Pada bidang pengetahuan, aplikasi komputer fungsinya sebagai media untuk mendapat informasi pengetahuan yang ada.


2. Bidang Bisnis


Pada bidang bisnis, aplikasi komputer berfungsi untuk membuat laporan bisnis dan menghitung keuntungan yang didapat oleh sebuah perusahaan. 


3. Bidang Militer


Pada bidang militer, aplikasi komputer fungsinya untuk mengontrol pesawat di bidang pertahanan dan keamanan.


4. Bidang Pendidikan


Pada bidang pendidikan aplikasi komputer fungsinya untuk tempat mencari dan membuat bahan atau modul dalam pembelajaran.


5. Bidang Kesehatan


Pada bidang kesehatan aplikasi komputer fungsinya sebagai fasilitas agar mempermudah dalam mendiagnosa suatu penyakit dan meracik obat di bidang kedokteran.


6. Bidang Perbankan


Pada bidang perbankan aplikasi komputer berguna untuk mengetahui rekening bulanan dari setiap nasabah bank tersebut.


ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Macam-macam Aplikasi Komputer


Sekarang ini ada berbagai banyak macam aplikasi komputer. Diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Aplikasi Perkantoran


Aplikasi perkantoran adalah sebuah aplikasi komputer yang tujuannya untuk menyediakan layanan pekerjaan kantor. Contoh misalnya aplikasi Microsoft Office, Microsoft word, Microsoft powerpoint,  dan lain-lain.


2. Aplikasi Dukungan Perkantoran


Aplikasi dukungan perkantoran adalah aplikasi komputer yang fungsinya untuk mensupport sebuah perusahaan. Contoh misalnya Email Server, Networking System, aplikasi Database Management System dan lain-lain.


3. Aplikasi Pendidikan


Aplikasi pendidikan adalah aplikasi komputer yang berisi tentang materi pelajaran agar mempermudah siswa maupun guru dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dan contoh aplikasi yang masuk kategori ini salah satunya adalah aplikasi Ruang Guru.


4. Aplikasi Multimedia


Aplikasi multimedia adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk menggabungkan teks, informasi, video, dan audio. Contoh misalnya aplikasi Window Media Player,  aplikasi Winamp, Windows Media Player, dan lain-lain.


5. Aplikasi Pengembangan Media


Aplikasi pengembangan media adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk mengolah suatu media yang selanjutnya akan dikomersilkan sebagai pendidikan ataupun hiburan. Contoh misalnya aplikasi Audio Video Converter, Digital Animation Software, dan lain-lain.


6. Aplikasi Grafis


Aplikasi grafis adalah aplikasi komputer yang tujuannya adalah untuk membuat desain logo dan mengedit foto atau gambar. Contoh misalnya aplikasi Adobe Photoshop, Coreldraw, dan lain-lain.


7. Aplikasi Internet


Aplikasi internet adalah aplikasi komputer yang menyediakan layanan untuk memberikan kemudahan dalam beraktivitas di dunia internet. Contoh misalnya aplikasi Google, E-mail, Bing, Yahoo, dan sebagainya.


8. Aplikasi Pemrograman


Aplikasi pemrograman adalah aplikasi komputer yang khusus membuat software atau program tertentu. Contoh misalnya aplikasi Visual Basic, Android Studio, PHP, Delphi 7, dan lain-lain.


9. Aplikasi Game


Aplikasi game adalah sebuah aplikasi permainan dalam suatu perangkat komputer. Contoh misalnya aplikasi Zuma, game PUBG, Call Of Duty, Grand Theft Auto, dan sebagainya.


10. Aplikasi Simulasi


Aplikasi simulasi adalah aplikasi komputer yang tujuannya adalah untuk melakukan simulasi penelitian pada suatu case. Contohnya aplikasi Simulasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas, atau dan semacamnya.


11. Aplikasi Mekanika


Aplikasi mekanika adalah aplikasi komputer yang gunanya sebagai pengolah data khusus dalam kebutuhan tertentu. Contoh misalnya aplikasi Computer Aided Design, atau dan semacamnya.


12. Aplikasi Kedokteran


Aplikasi kedokteran adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk mendiagnosa sebuah penyakit dan meracik obat. Contoh misalnya aplikasi Health Calculator, aplikasi ApaSakitKu, aplikasi  iCare Health Monitor dan lain-lain.


13. Aplikasi Militer


Aplikasi militer adalah aplikasi komputer yang tujuannya untuk bidang pertahanan. Contohnya misalnya aplikasi Pengontrolan Pesawat.


14. Aplikasi Akses Konten


Aplikasi akses konten adalah aplikasi komputer yang digunakan oleh perorangan untuk mengakses konten, dengan tanpa adanya akses untuk mengedit atau mengolah datanya. Namun hanya melakukan kustomisasi terbatas. Contoh misalnya Web browser, Games, Media Player, dan lain-lain. 


15.  Aplikasi Penerbitan


Aplikasi penerbitan adalah aplikasi komputer yang biasanya digunakan dalam bidang penerbitan. Seperti misalnya untuk surat kabar, majalah, buku, dan lain-lain. Aplikasi ini dapat menggabungkan tulisan serta gambar, yang tentunya dengan desain yang menarik.


Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan bersamaan dengan aplikasi grafis. Contoh saja misalnya Microsoft Publisher, Adobe InDesign, Adobe PageMaker, Ventura Publisher dan Quarkxpress.


16.  Aplikasi Toko


Aplikasi toko adalah aplikasi komputer yang biasanya digunakan oleh para pemilik toko. Dan fungsinya bisa berbagai macam. Diantaranya adalah untuk mengontrol tokonya kapanpun dan dimana saja, untuk mengecek pelanggan, jumlah stok, mengetahui omzet, dan lain-lain.


Contoh aplikasi yang masuk kategori ini adalah Venapos, Lempos, LERESTO,  LENERP, LeCafe,  LeGold atau dan semacamnya.


17. Aplikasi Pengolah Kata


Aplikasi pengolah kata adalah aplikasi komputer yang banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Baik itu di kantor, di sekolah ataupun di rumah. Contoh misalnya Microsoft word, Amipro word pro, Wordpad, Notepad, Lotus wordpro, Open office, dan lain-lain.


Oke demikian informasi yang bisa kami share pada kesempatan hari ini. Semoga ini bisa bermanfaat dan mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau kalimat di dalamnya.


Keterangan: Artikel ini diolah dan disarikan dari berbagai sumber


No comments for "Apa Itu Aplikasi Komputer? Berikut Ini Definisi dan Penjelasannya"