Tips Memulai Bisnis Kuliner Online

ilustrasi gambar oleh pixabay.com


Tips Memulai Bisnis Kuliner Online


Memasak dan menjual makanan adalah hobi bagi sebagian orang. Namun kini hobi tersebut bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan juga buat kita semua. Ya tepatnya kamu bisa memulai bisnis ini, namun dengan cara online.


Kenapa harus melalui online? Karena relatif mudah dan praktis. Selain itu siapa pun bisa menjalankan bisnis ini, asal dengan bantuan strategi dan cara yang tepat.


Tentu kalau soal berhasil atau tidaknya kelak, membutuhkan waktu dan usaha yang kongkrit. Sebab semua itu memerlukan proses dan itu nggak mudah.


Nah terkait itu, berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis kuliner online berdasarkan pengalaman kami langsung di dunia industri.


1. Mempunyai Tekad Yang Kuat


Memulai jenis bisnis apa pun memang sulit. Namun menjalankan bisnis kuliner online ini, tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Itu dikarenakan dengan bantuan teknologi yang canggih di era sekarang ini, yang memungkinkan siapa saja yang memiliki akses internet untuk bisa dengan mudah menjalankan usaha seperti ini.


Akan tetapi memang kita harus punya tekad yang kuat dan mengambil langkah yang tepat dalam memulai usaha semacam ini. Salah satunya adalah dengan mempunyai modal yang cukup. Selain itu kita juga harus menyisihkan waktu dan tenaga kita, terutama di awal-awal kita merintis usaha ini.


Tentu andai kita mau benar-benar bekerja keras, imbalannya sudah pasti akan jauh melebihi apa yang pikirkan. Dan nantinya kita akan dianggap berhasil dalam menjalankan usaha ini.


2. Memulai Dari Rumah atau Kantor Pribadi


Sebagian besar bisnis kuliner online membutuhkan investasi awal yang minimal. Dan salah satunya itu adalah dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang kita punya (terutama yang di sekitar kita), buat menunjang usaha ini.


Seperti contoh misalnya kita dapat memulai usaha ini dari rumah atau kantor kerja kita, dengan menggunakan komputer dan koneksi internetnya. Terus kita juga tidak perlu membeli peralatan dapur khusus atau persediaan katering untuk memulai usaha ini, jika memang semuanya sudah tersedia.


Ya intinya kita tidak perlu membutuhkan ruang dapur khusus untuk usaha ini, jika memang memungkinkan. Kalau bisa dibuat mudah, kenapa harus dipersulit? Selain itu juga ini buat mengurangi beban biaya modal kita, saat mau memulai usaha ini.


3. Memasarkan Produk Secara Online


Selanjutnya kita harus memasarkan produk dan layanan kita secara efektif untuk menghasilkan pendapatan dari usaha bisnis ini. Dan lewat jasa periklanan online adalah cara yang paling terjangkau untuk mempromosikan produk kita untuk menghasilkan penjualan dengan cepat.


Sebagai contoh kita bisa menggunakan Google AdWords, iklan di Facebook atau Twitter, kampanye pemasaran email, dan lainnya untuk mempromosikan produk Kamu ini kepada calon pelanggan. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram untuk mengiklankan, menjual, dan berinteraksi dengan calon pelanggan kita nantinya.


4. Mempunyai Tempat Usaha Khusus


Terus kita juga harus mempunyai tempat khusus untuk usaha bisnis ini. Soalnya biar bisa lebih fokus dalam menjalaninya. Selain itu juga biar kita bisa mudah mengaturnya. Namun ini hanya opsi ya dan tidak harus dipenuhi jika memang tidak memungkinkan.


Akan tetapi memang idealnya usaha kecil itu memerlukan beberapa bentuk ruang fisik juga. Seperti misalnya kantor atau ruang ritel yang diperlukan untuk koki. Selain itu ini bisa dijadikan barang atau tempat inventaris usaha Kamu.


Jangan salah lho! Barang inventaris ini juga bisa bermanfaat buat membantu kelancaran usaha Kamu. Seperti misalnya buat pertemuan dengan klien atau pelanggan Kamu. Terus kalau seumpama masih ada tempat yang kosong dan luas, bisa juga disewakan buat semacam acara atau event kecil-kecilan.


Oh ya selain tempat usaha sendiri, kita juga mungkin memerlukan akses internet di tempat usaha kita itu. Soalnya ini bisa berguna jika ada pelanggan yang ingin melakukan pemesanan melalui email atau pengiriman formulir lewat situs web usaha kita (jika kebetulan ada).


5. Membuat Produk Yang Khas dan Disukai Banyak Orang


Dan untuk tips yang terakhir adalah dengan membuat produk yang khas serta disukai banyak orang. Ini juga hal penting yang harus kita perhatikan. Soalnya kalau seumpama menjual produk yang biasa-biasa saja atau nggak aneh, orang-orang pun tidak akan pernah tertarik. Beda halnya dengan menjual produk yang khas atau unik, maka ini akan menjadi penasaran banyak orang.


Apalagi kalau misalnya kita kemas dengan lebih menarik dan dibarengi dengan citarasa yang tiada duanya, maka sudah dipastikan produk kita itu akan jadi buruan oleh orang-orang. Lalu kalau sudah begitu, dijamin produk kuliner kita ini bisa laris manis di pasaran. Bahkan bukan tak mungkin jalan kesuksesan dari bisnis yang kita jalani ini akan mudah tercapai.


Itulah setidaknya 5 tips saat mau meulai bisnis kuliner online. Mudah bukan tips-tipsnya? Maka dari itu, ayo segera praktekkan, jika seumpama diantara kalian ada yang sedang merintis usaha ini.


Oke demikian informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya dan mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau kalimat yang kami buat pada postingan ini.

2 comments for "Tips Memulai Bisnis Kuliner Online"

  1. pengen banget punya bisnis kuliner online kecil-kecilan, kadang yang bikin ragu pertama adalah makanan sejenis sudah banyak yang buka.
    padahal kalau nggak dicoba juga ga bakalan tau prospek ke depannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, mestinya dicoba dulu. soal nanti sukses atau tidak, itu kan hanya proses.. hehe

      Delete

Post a Comment