Cara Memilih Laptop Yang Bagus dan Tahan Lama

ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Cara Memilih Laptop Yang Bagus dan Tahan Lama


Di era digital seperti sekarang ini, laptop menjadi barang yang sangat penting dan bermanfaat sekali. Terutama untuk menunjang pekerjaan kita, kapanpun dan dimanapun. Hal itu tentu dikarenakan kepraktisan dalam penggunaanya serta mudah dibawa kemana-mana.


Perangkat yang sering disebut komputer jinjing ini juga ada banyak macam dan jenisnya. Dari mulai merk, tipe, ukuran dan spesifikasinya. Dan kesemuanya itu, mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Meski demikian tak semua orang paham bagaimana cara memilih laptop yang tepat, ketika kita akan membelinya. Karena salah-salah, malah kita mendapatkan laptop yang tak sesuai dengan keinginan kita. Apalagi kalau kita masih awam dengan pengetahuan dari gadget yang satu ini.


Jadi untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara memilih laptop yang bagus buat memenuhi kebutuhan segala aktivitasmu. Terlebih jika kebetulan anda sedang membutuhkan informasi ini. Atau mungkin anda sedang ingin mencari laptop yang sesuai keinginan anda, namun tak tahu cara memilihnya seperti apa dan bagaimana.


Tips Memilih Laptop


ilustrasi gambar oleh pixabay.com (edited by teknodigiku)


Lalu sebenarnya bagaimana sih cara memilih laptop yang tepat untuk kita? Setidaknya kita harus memilih yang bagus dan tahan lama. Nah untuk bisa mendapatkan laptop dengan kriteria itu, berikut ini adalah beberapa tipsnya:


1. Dibekali Dengan Processor Yang Mumpuni


Tips pilih laptop yang pertama dan mungkin ini tepat untuk menunjang aktivitasmu adalah laptop yang dibekali dengan processor AMD Ryzen™ Mobile Processor. Kami merekomendasikan ini karena prosesor AMD telah menggunakan teknologi terdepan, terlebih yang seri terbarunya yaitu AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile Processor dengan fabrikasi yang sangat canggih.


Selain itu dengan arsitektur zen 3+, processor ini juga mampu meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja laptop. Tentu saja hal ini penting dan sangat dibutuhkan oleh pengguna yang kegiatannya banyak memakai layanan internet.


2. Dapat Dipakai Buat Segala Macam Pekerjaan


Salah satu hal penting juga dalam memilih laptop adalah dapat dipakai untuk mengerjakan segala macam pekerjaan. Seperti misalnya dari mulai content creator hingga casual gamers. Dan laptop yang dapat mengerjakan semua hal tersebut biasanya laptop dengan menggunakan processor AMD Ryzen™ U-Series Mobile Processor.


Kenapa laptop dengan spesifikasi ini sangat cocok dipakai buat segala macam berbagai pekerjaan? Karena AMD Ryzen™ U-Series Mobile Processor ini hadir dengan teknologi 8 core 16 thread dengan ukuran yang ultra tipis, yang membuat laptop mampu memberikan performa maksimal untuk pemakaian setiap hari.


Tak cuma itu. Dengan konfigurasi 8 core 16 thread, menjadikan prosesor AMD Ryzen™ dapat digunakan untuk bermain game berat sekalipun tanpa khawatir ngelag. Pun begitu juga untuk pekerjaan sebagai content creator, oleh sebab daya tahan baterainya yang sangat maksimal. 


3. Baterainya Kuat dan Tahan Lama


Salah satu cara juga saat memilih laptop untuk bekerja maupun kuliah adalah yang memiliki daya baterai yang kuat dan tahan lama. Ini penting, soalnya nantinya laptop tersebut bisa memenuhi tingkat kinerja kita yang tinggi.


Dan laptop yang masuk kriteria ini salah satunya adalah laptop dengan processor AMD Ryzen™ 6000 series Mobile Processor. Hal itu dikarenakan dengan dukungan fabrikasi arsitektur Zen 3+, ia mampu bertahan hingga sampai 21 jam.


4. Pilih Ukuran Layar Yang Sesuai Kebutuhan


Selanjutnya cara memilih laptop yang tepat adalah dengan memilih ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan kita. Soalnya ini buat kenyamanan kita nantinya, terutama saat menggunakannya.


Dan soal ukuran layar ini, ternyata ada empat ukuran layar laptop yang bisa kita pilih. Yaitu:


a. 11 inci:

Laptop ini adalah laptop dengan ukuran yang paling kecil, karena beratnya hanya 1,1 kg. Laptop seperti ini mudah dibawa ke mana-mana, namun tidak cocok untuk bermain game maupun menonton film. Soalnya resolusi layarnya terlalu kecil.


b. 14 inci:

Laptop ini mempunyai ukuran yang seimbang antara portabilitas dan fungsionalitas yang baik, karena mempunya berat 1,8kg. Jadi dengan tidak begitu, kita tidak terlalu berat saat emmbawanya. Selain itu laptop ini juga cocok dipakai untuk main game dan nonton film.


c. 15 inci:

Laptop dengan ukuran ini adalah laptop yang paling populer. Karena laptop dengan berat sekitar 2,4kg ini, memiliki tombol keyboard lebih banyak serta resolusi layar yang lebih beragam. Selain itu laptop ini cocok untuk anda yang lebih banyak menggunakannya di rumah saja, tapi tidak cocok dibawa ke mana-mana oleh sebab ukurannya yang terlalu besar dan lebar.


d. 17 inci:

Laptop dengan ukuran ini juga sangat tidak cocok untuk dibawa bepergian. Karena dengan ukuran yang cukup besar, membuat kita mungkin akan kerepotan saat membawanya. Jadi laptop jenis ini memang hanya cocok dipakai di rumah saja.

Biasanya laptop dengan ukuran seperti ini, adalah laptop gaming atau workstation yang cukup berat. Walau begitu perangkat ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang handal dan mumpuni.


5. Cek Kualitas Touchpad dan Keyboard


Dan cara terakhir dalam memilih laptop yang bagus dan berkualitas adalah yang memiliki spesifikasi yang luar biasa. Salah satunya adalah ia mempunyai keyboard yang menawarkan feedback yang tactile nan solid, key-travel yang nyaman pada kisaran 1 hingga 2 mm, serta ruang yang cukup di antara tombol-tombolnya. 


Bahkan jika perlu, pilih juga yang mempunyai fitur lampu backlight. Sedangkan untuk bagian touchpadnya, pastikan ia memiliki akurasi kursor yang baik, gestur yang beragam dan respons yang konsisten.


Itulah setidaknya 5 cara dalam memilih laptop yang bagus dan tahan lama. Nah sekarang bagaimana, anda punya gambaran mau pilih laptop yang jenis dan model apa? Tentu pertanyaan ini ditujukan buat anda yang kebetulan sekali memang sedang ingin membeli perangkat ini.


Oke demikian ilmu dan informasi yang bisa admint bagikan pada hari ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan atau kekeliruan di dalamnya.

No comments for "Cara Memilih Laptop Yang Bagus dan Tahan Lama"