Begini Caranya Membuat Screenshot di Hp iPhone

ilustrasi gambar oleh pixabay (edited by teknodigiku)


Begini Caranya Membuat Screenshot di Hp iPhone


Screenshot atau tangkapan layar adalah sebuah fitur yang hampir semua ada di gadget dan perangkat elektronik kekinian. Seperti misalnya di komputer, laptop, atau smartphone. Sedangkan salah satu fungsinya adalah untuk mengambil gambar tangkapan layar yang sedang kita pakai atau yang kita lihat pada saat itu.


Sementara itu untuk cara membuat atau mengambil screenshot ini, hampir sama di semua perangkat. Terkhusus kalau di smartphone atau Hp. Karena biasanya cukup hanya dengan cara menekan tombol up down dan power secara bersamaan. Atau bisa juga menekan tombol khusus yang telah tersedia di smartphone tersebut.


Cara yang agak berbeda mungkin ada di smartphone iPhone. Karena biasanya dilakukan dengan cara menekan tombol Home dan Power bersamaan. Akan tetapi dalam beberapa kasus, terdapat salah satu tombol tersebut yang tidak berfungsi, sehingga tidak bisa digunakan untuk screenshot.


ilustrasi Hp iPhone (sumber gambar: pixabay)


Lantas adakah cara lain untuk screenshot? Oh tentu ada dong! Makanya yuk kita cari tahu jawabannya di bawah ini.


Cara Screenshot di Hp iPhone


Mau ambil tangkapan layar di Hp iPhone, tapi tombol yang digunakan sedang tidak berfungsi? Tenang, Anda bisa melakukannya dengan 4 cara berikut ini:


1. Menggunakan Volume Naik dan Tombol Samping


Bila tombol power atau home tidak dapat digunakan untuk screenshot, anda bisa gunakan tombol volume naik dan tombol samping untuk mengambil tangkapan layar. Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut:


a. Tekan tombol volume naik dan tombol samping secara bersamaan

b. Lalu tahan dan lepas keduanya

c. Setelah itu hasil tangkapan layarnya akan muncul di sudut kiri layar bawah. Untuk lihat hasilnya, anda tinggal klik gambar tangkapan layar tadi.


2. Menggunakan Face ID dan Tombol Atas


Cara lainnya untuk buat screenshot di iPhone adalah dengan cara menggunakan face ID dan tombol atas. Cara ini biasa digunakan pada iPhone tipe yang terdahulu, seperti iPhone 5s, 5c, 4s dan tipe-tipe iPhone sebelumnya. Dan cara untuk mengambil tangkapan layar di iPhone tipe ini adalah sebagai berikut:


a. Tekan tombol bagian atas yang ada iPhone dan tombol home bersamaan

b. Lalu tahan sebentar dan lepas kedua tombol tersebut. 

c. Dan Hp iPhone anda akan langsung ambil tangkapan layar pada saat itu juga, dan hasil gambarnya akan terlihat pada bagian sudut kiri bawah. Sedang untuk membuka gambarnya, anda tinggal klik atau geser ke kiri jika ingin menutupnya.


3. Menggunakan Fitur Assistive Touch.


Selain dengan dua cara di atas yang kebetulan sama-sama menggunakan tombol tertentu, untuk buat screenshot di iPhone ini juga anda bisa tanpa menggunakan tombol. Caranya? Yaitu dengan menggunakan fitur Assistive Touch. 

Dan fitur Assistive Touch ini adalah fitur yang berisi bermacam shortcut yang dapat membantu kita mengontrol iPhone. Selain itu fitur ini juga bisa digunakan untuk 3D Touch. Oh ya adapun cara buat screenshot dengan fitur ini adalah sebagai berikut:


a. Masuk ke menu setting atau pengaturan

b. Lalu pilih General

c. Kemudian pilih Accessibility

d. Selanjutnya pilih Assistive Touch

e. Klik aktifkan fitur Assistive Touch

f. Lalu tambah perintah gesture baru di menu Create New Gesture


Selanjutnya nanti anda bisa lihat pada layar iPhone akan muncul menu Assistive Touch. Setelah itu, ikuti lagi langkah-langkah di bawah ini:


a. Klik menu Assistive Touch 

b. Lalu klik Device

c. Selanjutnya klik more

d. Kemudian klik screenshot.


FYI: Cara screenshot diatas bisa anda gunakan jika semua tombol yang berfungsi untuk screenshot, tidak bisa digunakan sama sekali. Meski demikian, Screenshot dengan cara Assistive Touch ini paling mudah dilakukan. Soalnya hanya cukup dengan menggunakan satu jari saja.


4. Menggunakan Fitur Siri


Dan cara terakhir untuk buat screenshot di Hp iPhone adalah lewat fitur Siri. Fitur Siri ini adalah asisten pribadi iPhone, yang salah satu fungsinya adalah bisa buat ambil screenshot tanpa harus menekan tombol, sebagaimana juga cara yang nomor 3. Hanya saja berbeda fitur yang digunakannya.


Screenshot lewat fitur siri hanya bisa digunakan pada iPhone seri iOS 14 atau diatasnya. Adapun cara melakukan tangkapan layar dengan fitur Siri adalah sebagai berikut:


a. Tentukan dulu layar yang akan diambil atau di screenshot

b. Lalu anda cukup ucapkan “Hey Siri, take a screenshot.”

c. Selanjutnya layar akan otomatis mengambil screenshot, tanpa anda perlu menekan tombol apapun.


Itulah 4 alternatif cara membuat atau mengambil screenshot di Hp iPhone, terkhusus jika cara yang umum atau seperti biasanya sedang tak bisa gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, terutama sekali bagi anda pemilik Hp keluaran dari negeri Paman Sam tersebut.


Oke sekian dulu informasi yang bisa kami sampaikan pada hari in. Tak lupa mohon dimaafkan juga, apabila ada kesalahan dan atau kekeliruan yang kami buat pada postingan ini.


2 comments for "Begini Caranya Membuat Screenshot di Hp iPhone"

Post a Comment