Begini Lho Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop Di Windows 11

ilustrasi gambar oleh pixabay.com

Begini Lho Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop Di Windows 11

Random Access Memory atau yang lebih kita kenal dengan RAM, merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah laptop maupun PC. Terlebih lagi jika kalian menggunakan laptop untuk gaming, editing atau desain, maka dibutuhkan RAM dengan spesifikasi yang mumpuni.

Tentu untuk mendukung semua aktivitas itu, maka kalian pun harus cek spesifikasi RAM laptop atau PC yang kalian punya. Soalnya mana tahu spesifikasinya tidak memadai dengan kapasitas RAM yang seharusnya kalian butuhkan.

Lantas bagaimana cara mengetahui spesifikasi RAM pada laptop Windows 11? Simak pembahasannya di bawah ini ya.

Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop di Windows 11

ilustrasi gambar oleh pixabay.com

Mengetahui spesifikasi RAM laptop atau PC yang meliputi kecepatan, kapasitas, frekuensi dan lainnya sangat berguna dalam situasi tertentu. Seperti misalnya bila ingin menambah kapasitas RAM dengan kelipatan yang sama.

Adapun untuk cek spesifikasi RAM laptop terkhusus yang sudah memakai Windows 11, bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

1. Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop Lewat Menu Settings

Cara pertama untuk cek spesifikasi RAM pada laptop adalah lewat menu settings atau pengaturan. Cara ini merupakan yang paling mudah dilakukan, adapun caranya seperti berikut:

1. Pertama klik tombol Start kemudian pilih menu Settings yang ada pada bagian atas. Bila tidak ada Kamu bisa cari dengan cara masukan kata Setting di kolom pencarian. 
2. Selanjutnya Kamu klik tombol System yang ada pada panel sebelah kiri.  
3. Kemudian di bagian kanan, Kamu scroll terus kebawah hingga pada bagian About kamu klik. 
4. Lalu buka bagian Device Specification dan pilih cek Installed RAM. Pada bagian ini akan ditampilkan semua informasi mengenai RAM yang terpasang di laptop tersebut.

2. Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop Lewat Windows Terminal

Cara kedua untuk mengecek dan mengetahui spesifikasi RAM laptop Windows 11 adalah lewat Windows Terminal, berikut caranya:

1. Pertama silahkan klik bagian Start Menu, kemudian Kamu cari “Windows Terminal” pada kolom pencarian.
2. Selanjutnya klik Windows Terminal yang muncul dari hasil pencarian. Lalu masukan perintah systeminfo dan tekan tombol enter.
3. Selanjutnya Windows Terminal akan menampilkan semua informasi yang ada pada laptop kalian, termasuk spesifikasi dan kecepatan RAM. 

3. Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop Lewat System Information

Cara lainnya yang bisa diterapkan untuk cek spesifikasi RAM laptop windows 11 adalah melalui System Information. Caranya ikuti di bawah ini:

1. Seperti pada cara lainnya di atas, pertama kalian klik Start Menu, dan masukan kata msinfo di kolom pencarian dan lalu tekan enter.
2. Kemudian klik bagian System Information, dan silahkan masuk ke bagian System Summary.

Selanjutnya di sana akan ditampilkan semua informasi dan spesifikasi laptop kalian, termasuk informasi RAM yang meliputi kapasitas asli, sisa RAM, hingga total penyimpanannya atau dan sebagainya. 

4. Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop Lewat Task Manager

Cara yang terakhir untuk cek spesifikasi RAM pada laptop windows 11 adalah melalui menu Task Manager. Disini kalian bukan hanya bisa melihat kecepatan juga frekuensi yang ada pada RAM tersebut, tapi juga bisa mengetahui jumlah RAM yang ada di laptop kalian dan jenis RAM seperti DDR2, DDR3, DDR4, dan sebagainya. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Pertama tentu saja klik Start lalu ketikan taskmgr di kolom pencarian dan klik OK
2. Kemudian pilih Performance dan klik Memory. 
3. Selanjutnya akan tampil segala informasi RAM dengan detail termasuk kecepatannya, misalnya 2400 MHz dan 3200 MHz dan sebagainya.

Nah, itulah 4 cara cek spesifikasi RAM laptop di Windows 11 yang bisa dengan mudah kalian terapkan. Dengan mengetahui spesifikasi RAM laptop, dapat membantu kalian dalam merencanakan upgrade laptop selanjutnya.

Oke demikian informasi yang bisa kami bagi pada kesempatan kali ini. Semoga ini bisa bermanfaat dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan atau kekeliruan pada postingan yang kami tulis ini.

No comments for "Begini Lho Cara Cek Spesifikasi RAM Laptop Di Windows 11"