5 Ide Bisnis Online Freelance, Modal Minim Untung Besar

 

ilustrasi gambar oleh pixabay.com


5 Ide Bisnis Online Freelance, Modal Minim Untung Besar


Perkembangan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa yang dijualnya. Karena hampir semua jenis usaha bisa dipasarkan lewat online, hingga pada akhirnya bisnis online pun menjamur di masyarakat.


Dan salah satu bisnis online yang menarik buat digeluti adalah freelance. Freelance sendiri dapat diartikan sebagai pekerjaan sampingan yang tidak terikat dengan siapapun dan menjalankan usahanya sendiri tanpa aturan. Selain itu ia tidak ada hari libur maupun standar gaji namun tetap profesional dalam menjalankannya.


Ide Bisnis Online Freelance


Nah, bagi Kamu yang tertarik menjadi freelance, berikut ini ada beberapa ide bisnis online freelance yang bisa Kamu coba sesuai keahlianmu.


Dan inilah 5 macam bisnis online freelance yang modalnya kecil, namun bisa untung besar:


1. Buka  Jasa Penulisan 


Buat Kamu yang hobi menulis konten-konten artikel di web ataupun blog, namun tak ingin terikat dengan siapapun, membuka jasa penulisan artikel bisa jadi ide bisnis online yang cukup menjanjikan. Pasalnya tidak semua orang dapat membuat konten yang berkualitas.


Namun, untuk membuka jasa penulisan artikel web dan blog ini, Kamu harus memiliki keahlian menulis yang cukup baik, rapi dan pastinya tulisan yang Kamu hasilkan pun unik dan bebas dari  plagiarism.


Selanjutnya Kamu bisa tawarkan jasa ini di media sosial atau situs iklan gratis maupun berbayar seperti OLX, Sejasa dan sebagainya. Dan jika tulisan Kamu berkualitas, unik dan anti copas, maka klien Kamu akan puas dan kembali menggunakan jasa Kamu di kemudian hari.


2. Buka Jasa Pembuatan Website


Bisnis online freelance lainnya yang bisa Kamu coba adalah dengan buka jasa pembuatan website. Namun untuk membuka jasa web diperlukan skill untuk memahami user experience (UX), bahasa pemrograman seperti CSS dan  HTML, visual design, penggunaan JavaScript, Analytics hingga paham tentang SEO.


Nah, apabila Kamu mempunyai pemahaman dan skill di atas, maka bolehlah Kamu buka jasa pembuatan website ini. Setelah itu Kamu dapat tawarkan jasa Kamu ini lewat media sosial atau situs iklan gratis maupun berbayar.


3. Buka Jasa Desain Grafis


Bisnis online freelance berikutnya yang bisa Kamu coba adalah dengan menerima jasa desain grafis. Tentu bisnis ini sangat direkomendasikan sekali bagi Kamu yang memiliki keahlian dalam mendesain dan menggambar.


Terus perlu Kamu ketahui juga jika desain grafis ini merupakan salah satu jenis pekerjaan freelance dengan penghasilan paling tinggi. Jadi bisnis online yang satu ini memang benar-benar menjanjikan secara profit. Dan pastinya bisa Kamu jalankan nantinya, apabila Kamu memang mempunyai keahlian di bidang itu.


Sedangkan cara untuk menjalankan bisnis online desain grafis ini cukup mudah, Kamu cukup memposting portofolio atau contoh hasil desain Kamu di situs freelancer dalam dan luar negeri. Setelah itu tinggal tunggu deh orang yang menghubungi Kamu, karena ingin memakai jasa ini.


4. Buka Jasa Pelatihan Online


Bisnis online freelance selanjutnya yang bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja dengan mudah adalah menerima jasa E-Course atau pelatihan secara online. Namun untuk menjalankan bisnis ini, Kamu harus memiliki kemampuan di bidang tertentu. Salah satunya kemampuan public speaking yang mumpuni.


Selain itu Kamu juga harus bisa memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung untuk memberikan materi pembelajaran dalam menjalankan bisnis ini. Soalnya biar hasilnya nanti jadi maksimal dan pelanggan Kamu pun puas atas cara kerja Kamu.


5. Jualan Foto Online


Kamu hobi fotografi? Kalau iya, jangan biarkan hasil foto Kamu selama ini menumpuk di hp ya. Soalnya Kamu bisa jadikan hobi Kamu yang satu ini untuk menghasilkan uang lho. Caranya? Yaitu dengan menjual hasil jepretan Kamu secara online pada situs-situs fotografi. Seperti misalnya di Shutterstock, Adobe Stock, Alamy, Dreamstime, Stock photos, dan lainnya.


Terus nantinya untuk foto yang unik dan berkualitas, biasanya mereka mau membeli dengan harga yang tinggi. Lalu setelah itu semakin banyak hasil foto yang Kamu tawarkan pada situs-situs tersebut, maka akan semakin banyak pundi-pundi rupiah yang masuk ke rekening Kamu. 


Itulah 5 ide bisnis online freelance yang bisa dijalankan dengan mudah sesuai dengan bakat dan keahlian Kamu. Selamat mencoba.


Oke demikian informasi yang bisa kami bagikan pada hari ini. Semoga bermanfaat serta mohon maaf apabila ada kesalahan dan atau kekeliruan, atas postingan yang kami tulis ini.

No comments for "5 Ide Bisnis Online Freelance, Modal Minim Untung Besar"